Disdikbud Kaltim Berkolaborasi dengan Bawaslu Kaltim Terkait Pemilih Pemula

Disdikbud Kaltim Berkolaborasi dengan Bawaslu Kaltim Terkait Pemilih Pemula

HARIANKALTIM.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim memberikan tanggapan positif terhadap inisiatif Bawaslu Kaltim dalam mengedukasi pemilih pemula, khususnya siswa SMA yang sudah mencapai usia 17 tahun.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdikbud Kaltim, Jasniansyah menyatakan bahwa hampir semua sekolah di tiap kabupaten dan kota di Kaltim telah berkolaborasi dengan Bawaslu untuk memberikan edukasi kepada pemilih pemula.

“Sudah hampir setiap sekolah yang berada di Kalimantan Timur ini telah melakukan kolaborasi dengan Bawaslu Kaltim untuk melakukan edukasi terkait pemilih pemula,” jelasnya.

Meskipun kegiatan ini dilakukan oleh Bawaslu, Disdikbud Kaltim tetap terlibat dalam komunikasi dengan Bawaslu untuk koordinasi lebih lanjut.

“Dari pihak Bawaslu mendatangi kami untuk melakukan kerja sama dan kami memberikan rekomendasi untuk penyelenggaraan edukasi terhadap pemilih pemula,” ujarnya.

Disdikbud juga menekankan agar kegiatan pendidikan tidak mengganggu proses belajar-mengajar (KBM) di satuan pendidikan.

“Bentuk rekomendasi yang kami berikan ke Bawaslu itu ya berupa ya boleh mengadakan kegiatan tersebut,” ucapnya.

Meski begitu, Jasni menegaskan bahwa di setiap satuan pendidikan adalah salah satu unsur yang harus tetap fokus menjaga netralisasi dalam menghadapi tahun politik di 2024 nanti. Meski dari para siswa diberikan edukasi sebagai pemilih pemula, warga sekolah lainnya seperti guru yang memiliki status PNS tetap dihimbau untuk menjaga kenetralan. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com