Disdikbud Kaltim Tingkatkan Kemampuan Siswa yang Ikut Dalam Lomba NSDC

Disdikbud Kaltim Tingkatkan Kemampuan Siswa yang Ikut Dalam Lomba NSDC

HARIANKALTIM.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi kaltim gencar dalam melakukan peningkatan dalam standar mutu pendidikan bagi siswa SMA sederajat. Kali ini, berikan pelatihan debat bahasa Inggris.

Pelatihan ini khususnya ditujukan bagi siswa yang pernah berpartisipasi dalam National School Debating Championship (NSDC), sebuah kompetisi debat bergengsi menggunakan bahasa Inggris.

Kepala Sub Koordinator Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Siti aminah mengatakan bahwa pihaknya sengaja memberikan dukungan kepada para siswa. Bahkan, dengan menghadirkan narasumber berkompeten pada bidangnya.

“Kami berikan penguatan untuk para siswa dengan mendatangkan narasumber, yakni dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta serta dari Universitas Atmajaya. Dosen-dosen itu merupakan juri lomba debat bahasa Inggris di tingkat nasional,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Disdikbud Kaltim mengundang sejumlah sekolah di Kaltim yang aktif dalam kegiatan debat atau pidato berbahasa Inggris.

“Kami ada mengundang beberapa sekolah. Itu tidak semua, tetapi ada beberapa perwakilan. Ini sekaligus sebagai reward bagi sekolah-sekolah yang telah melaksanakan serta aktif dalam mengikuti NSDC,” ujarnya.

Setiap sekolah diwakili oleh 1-2 siswa yang didampingi oleh guru mereka masing-masing. Harapannya, pelatihan ini tidak hanya memberi bekal kepada siswa tetapi juga meningkatkan pengetahuan guru dalam teknik pelaksanaan NSDC.

“Kami memilih sekolah itu karena kami melihat sekolah mana yang telah melaksanakan kegiatan bahasa inggris. Kami sangat berharap, yang mengikuti kegiatan pada tahun ini bisa mengikuti kegiatan pada tahun depan dengan lebih baik lagi,” ucapnya.

Meski belum ada perwakilan dari Kubar dan Mahulu dalam NSDC, Disdikbud Kaltim tetap memberikan kesempatan kepada 1-2 sekolah untuk ikut serta dalam pelatihan ini.

“Kami berharap, mereka juga bisa merintis serta memotivasi mereka untuk di tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com