banner 728x90

Dishub Kaltim Lakukan Ramp Check untuk Menjamin Keamanan Transportasi Umum

Dishub Kaltim Lakukan Ramp Check untuk Menjamin Keamanan Transportasi Umum

HARIANKALTIM.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltim terus mengutamakan keamanan dalam transportasi umum dengan menggelar ramp check secara rutin. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), terutama dalam angkutan umum orang.

Kepala Dishub Kaltim, Yudha Pranoto, menjelaskan bahwa kegiatan ramp check dilakukan sebagai bagian dari upaya mewujudkan peningkatan keselamatan, melibatkan angkutan umum, dan orang dalam rangka.

“Dalam ramp check, kami melakukan pembinaan terkait perizinan angkutan umum, protokol kesehatan, dan sosialisasi keselamatan LLAJ bagi petugas terminal, operator, dan pengemudi,” ungkap Yudha Pranoto.

Kegiatan ini melibatkan personel dari Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota. Fokus pemeriksaan mencakup dokumen kendaraan, kelengkapan teknis kendaraan yang memastikan laik jalan, serta unsur-unsur lainnya.

“Unsur fokus pemeriksaan melibatkan unsur administrasi seperti Bukti Lulus Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM, dan STNK Kemudian, unsur teknis utama seperti sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban, dan sabuk keselamatan. Juga, unsur teknis penunjang, termasuk pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, dan perlengkapan tanggap darurat,” jelasnya.

Yudha menegaskan bahwa kendaraan yang tidak laik jalan akan sementara waktu dikeluarkan dari jadwal pemberangkatan. Operator bus diminta segera melakukan perbaikan dan memperpanjang buku uji terkait.

“Selain memeriksa kondisi kendaraan, kami juga terus mengingatkan kepada pengemudi untuk menjaga kondisi kendaraan agar selalu laik jalan dan mengemudikan kendaraan dalam kondisi yang sehat,” singkatnya. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com