DPRD Kaltim akan Rapat Koordinasi untuk Meningkatkan Serapan Anggaran OPD

DPRD Kaltim akan Rapat Koordinasi untuk Meningkatkan Serapan Anggaran OPD

HARIANKALTIM.COM – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji mengungkapkan pohaknya berencana akan mengadakan rapat koordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki serapan anggaran rendah, agar memastikan efisiensi dan penggunaan anggaran yang maksimal di wilayah tersebut.

“Dua minggu yang lalu sebelum kita melakukan reses, ada rapat koordinasi pimpinan dengan Penjabat Gubernur menyoroti OPD yang dikenakan rapor merah dan kami tentu mengawasinya,” ungkapnya.

OPD yang menjadi fokus utama adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), yang diharapkan dapat meningkatkan serapan anggarannya.

Seno juga menjelaskan bahwa serapan anggaran rendah disebabkan oleh pembayaran yang belum tuntas atas pekerjaan yang sudah dilaksanakan oleh kontraktor.

“Kontrak sudah dilakukan, kontraktor sudah melaksanakan pekerjaan tapi pembayarannya belum tuntas,” jelasnya.

Demi menghindari penumpukan anggaran di akhir tahun, Seno meminta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk segera membayar pekerjaan yang sudah selesai.

Dalam harapannya, ia menyebut bahwa OPD dapat bekerja lebih baik dan cepat dengan dukungan BPKAD, serta berupaya agar tidak ada lagi OPD yang mendapatkan peringkat rapor merah.

“Semoga dalam waktu dekat ini semuanya berjalan baik,” tutupnya. (ADV/SIKO)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com