DPRD Kaltim dan DPRD Kutim Kolaborasi untuk Pengarusutamaan Gender

DPRD Kaltim dan DPRD Kutim Kolaborasi untuk Pengarusutamaan Gender

HARIANKALTIM.COM – DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berkolaborasi untuk pengarusutamaan gender. Hal ini ditandai dengan pertemuan kerja yang digelar di Ruang Rapat Gedung D Lantai 3 Kantor DPRD Kaltim pada Senin (13/11/2023).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub, bersama Tim Ahli Isal Wardhana, Analis Kebijakan Muda Azhari, dan Pranata Humas Ahli Muda Sekretariat DPRD Kaltim Vidi Gatot Setiadi. Dari DPRD Kutim, hadir Ketua Pansus Raperda Pengarusutamaan Gender, Muhammad Amin, beserta anggota Pansus, Plt Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutim, Sulastin, dan perwakilan organisasi perempuan.

Dalam pertemuan tersebut, DPRD Kutim menyampaikan tujuan kunjungan mereka, yaitu untuk mendapatkan masukan dan saran dari DPRD Kaltim dalam penyusunan Raperda tentang Pengarusutamaan Gender.

Rusman Ya’qub dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Pengarusutamaan Gender (PUG) memiliki dinamika yang berkembang dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Ia menekankan pentingnya PUG sebagai bagian dari strategi perencanaan pembangunan nasional, daerah, dan kabupaten/kota.

“PUG bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam seluruh aspek kehidupan,” ujar Rusman.

Rusman juga menyampaikan bahwa Perda Pengarusutamaan Gender tidak bersifat hirarkial dan berlaku di semua tingkatan pemerintahan. Ia mendorong DPRD Kutim untuk menyusun Raperda yang lebih rinci dan teknis, meskipun nanti ada Peraturan Bupati untuk implementasinya.

Sementara itu, Ketua Pansus Raperda Pengarusutamaan Gender DPRD Kutim, Muhammad Amin, menyoroti kesetaraan pada ketenagakerjaan di Kutai Timur yang belum terpenuhi. Ia berharap Perda yang tengah disusun segera disahkan untuk memastikan kesetaraan di lingkungan tersebut.

“Kami berharap Perda ini bisa menjadi payung hukum untuk mewujudkan kesetaraan gender di Kutai Timur,” kata Amin.

Harapannya Perda yang tengah disusun segera disahkan untuk memastikan kesetaraan di lingkungan tersebut. (ADV/MAY)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com