Gali Potensi dan Tingkatkan Kompetensi Guru SLB, Disdikbud Kaltim akan Siapkan Beasiswa

Gali Potensi dan Tingkatkan Kompetensi Guru SLB, Disdikbud Kaltim akan Siapkan Beasiswa

HARIANKALTIM.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim berencana memberikan beasiswa kepada guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) guna mendukung kemampuan mereka dalam mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Armin menyatakan bahwa tujuan pemberian beasiswa ini adalah untuk menggali potensi guru SLB dan meningkatkan kompetensinya.

“Guru SLB yang ada di Kalimantan Timur memiliki peran yang sangat penting demi keberhasilan anak berkebutuhan khusus. Rencananya pada tahun depan kami akan siapkan beasiswa kaltim tuntas, yang pada nantinya akan bekerjasama dengan calon guri SLB,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk menyediakan tenaga ahli di bidang pendidikan untuk menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan harapan guru di Kaltim memiliki daya saing yang tinggi.

“Proses seleksi pelatihan tenaga diakui akan sangat ketat, dengan persyaratan TOEFL di atas 500, mengingat IKN diharapkan menjadi Global City dalam 20 tahun mendatang,” ujarnya.

Armin juga mendorong agar peningkatan kualitas SDM Kaltim bisa meningkatkan kualitasnya. melalui pemanfaatan fasilitas pendidikan yang telah disediakan oleh Pemprov Kaltim, sehingga Otorita IKN tidak perlu mencari tenaga kerja dari luar.

“Jika pada nantinya otorita IKN membutuhkan SDM tidak akan repot lagi mencari dari luar daerah karena dari Kaltim sendiri telah menyiapkannya, mereka juga telah siap secara akademik maupun pada potensi lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Armin berharap agar Pemprov Kaltim dapat mengembangkan desain pendidikan yang berbeda dengan kurikulum nasional, khususnya yang berkaitan dengan IKN sebagai kota global.

“Kurikulum yang dapat merespon akan kehadiran IKN yang nantinya akan menjadi Global City. Kalau tidak begitu, kapan lagi Kaltim memiliki kualitas yang berdaya saing dengan level nasional,” tutupnya. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com