banner 728x90

Gelar Sosialisasi Pemberdayaan Karang Taruna Pemuda di Balikpapan, Dispora Kaltim Genjot Pertumbuhan IPP

Gelar Sosialisasi Pemberdayaan Karang Taruna Pemuda di Balikpapan, Dispora Kaltim Genjot Pertumbuhan IPP

HARIANKALTIM.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi pemberdayaan karang taruna pemuda, di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Jumat (10/11/2023).

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim Bahri mengatakan sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kaltim salah satunya melalui pemuda karang taruna sekaligus untuk silaturahmi bersama

“Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini di Balikpapan adalah kali ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara,” Ucap Bahri.

Bahri menyebutkan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan IPP Kaltim melalui karang taruna sebagaimana indikator utama yang dinilai dalam IPP.

Indikator tersebut diantaranya sejauh mana pemuda berorganisasi, kedua sejauh mana para pemuda berjiwa sosial di masyarakat, dan ketiga sejauh mana pemuda memberikan saran dan pendapat dalam suatu  pertemuan.

“Artinya harus menghidupkan organisasi. Ini Indikator yang dinilai oleh pusat. Kemudian, pertanyaannya berikutnya kalau organisasi tidak ada,  kapan mereka melakukan aktivitas di bidang kepemudaan dan bidang organisasi,” tegasnya.

Menyikapi persoalan tersebut, Bahri menuturkan pihaknya tengah bersinergi dengan Dinsos Provinsi yang secara tupoksi mereka yang membidangi.

Dalam kesempatan tersebut, Dispora juga memberikan fasilitas bantuan dan berharap agar Dinas yang menangani karang taruna  di Balikpapan yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Balikpapan terus berkomitmen.

“Akan tetapi kami secara kepemudaannya, kami  wajib ikut memikirkan bagaimana pembangunan IPP di Kaltim lebih maju,” sambungnya.

Dijelaskan juga bahwa sosialisasi pemberdayaan karang taruna pemuda ini untuk menindaklanjuti imbauan pemerintah provinsi Kaltim, khusunya kepada  bupati dan wali kota untuk mengaktifkan kembali karang taruna.

“Karena kita ketahui karang taruna saat ini kurang bergeliat, selain itu kegiatan ini juga sekaligus untuk  silaturahmi bersama,” terangnya.

Bahri mengaku Balikpapan sudah cukup bagus dalam pembinaan Kepemudaannya, sehingga ia berharap karang taruna dalam pengaktifannya dapat sesuai yang diharapkan  Sekda Provinsi Kaltim bahwa kepada Bupati dan Wali Kota tuntas di Bulan November ini.

“Tujuannya adalah meningkatkan IPP Kaltim apalagi saat ini  IPP Kaltim di bawah rata-rata nasional, khususnya di domain partisipasi dan kepempimpinan pemuda,” tutupnya. (ADV/FRI)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com