banner 728x90

Giliran Warga Samboja Barat Terima 400 Mesin Ces dan Dana Hibah untuk Masjid

Giliran Warga Samboja Barat Terima 400 Mesin Ces dan Dana Hibah untuk Masjid

HARIANKALTIM.COM – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) gencar menyalurkan berbagai bantuan kepada nelayan di kawasan pesisir.

Terbaru, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menyerahkan 400 mesin ces, genset, dan ratusan lampu untuk nelayan di Kecamatan Samboja Barat.

Seorang nelayan yang bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Kukar di bawah kepemimpinan Edi Damansyah-Rendi Solihin adalah Jamal.

Sejak 2018, dirinya sudah mengajukan bantuan ke Pemkab Kukar, namun selalu gagal dan tidak pernah terealisasi.

“Kami ajukan sejak 2018, gagal. Lalu, akhirnya ada staf Pak Wakil Bupati yang bantu kami, dia yang buatkan proposal, mendampingi kami ke Pemkab, hingga akhirnya bantuan bisa kami terima,” ujarnya.

Jamal mengungkapkan bahwa bantuan berupa mesin cas dan genset akan sangat bermanfaat bagi pihaknya yang sehari-hari mencari nafkah dari hasil perikanan.

“Ini (mesin) memang standarnya. Sudah lengkap, tinggal dipakai saja,” ungkapnya.

Jamal pun berharap agar ke depan akan ada bantuan lainnya, seperti alat tangkap dan kelengkapan lainnya. “Ini kami sangat berterima kasih, mudah-mudahan ada bantuan lainnya setelah ini,” harapnya.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menegaskan bahwa komitmennya bersama Edi Damansyah untuk menuntaskan seluruh janji kampanye. Ia menjelaskan, terdapat 23 janji yang telah dituangkan dalam RPJMD Pemkab Kukar.

“Salah satu janji kami yakni program 25 ribu bantuan nelayan produktif se-Kukar,” tegasnya.

Rendi menambahkan, Pemkab Kukar melalui Program Kukar Idaman telah berjalan dengan baik dan sampai 2022 ini, tercatat sudah ada 15.000 nelayan yang mendapatkan bantuan.

Kemudian di 2023, kata dia, Pemkab Kukar kembali menyalurkan bantuan kepada 10.000 nelayan. Pemkab Kukar sendiri menargetkan Fasilitasi 25.000 nelayan dan pembudidaya produktif. Ini sesuai dengan janji Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Wabup Kukar, Rendi Solihin. 

“Artinya hingga akhir 2023 ini kami sudah menuntaskan janji kami. Ini semua bisa terealisasi berkat kerja sama banyak pihak,” jelasnya.

Selain memberikan bantuan terhadap nelayan, kedatangan Wabup Rendi Solihin juga untuk menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM dan memberikan dana hibah bagi masjid dan yayasan majelis taklim di Kecamatan Samboja Barat.

“Semoga bantuan yang telah diserahkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para nelayan,” imbuh Rendi. (RED)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com