Guru Fisika dan Geografi Wajib Memiliki Integritas

Guru Fisika dan Geografi Wajib Memiliki Integritas

HARIANKALTIM.COM – Sebanyak 118 guru Fisika dan Geografi jenjang SMA mengikuti pelatihan kompetensi guru se-Kaltim di Hotel Ibis Samarinda, pada 5-10 September 2022.  Mewakili Kepala Disdikbud Kaltim, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Muhammad Jasniansyah mengatakan, penulisan karya tulis ilmiah bagi guru dan peningkatan kompetensi untuk kepala sekolah diharapkan dapat berinteraksi dari beberapa kebupaten kota.

“Guru sebagai motivator, fasilitator, pembimbing, pendidik dan evaluator untuk itu wajib memiliki integritas untuk mewujudkan pendidikan bermutu dan berkualitas di Kaltim,” tutur Jasniansyah.

Dia mengatakan, peningkatan kompetensi guru merupakan kebijakan yang strategis dalam membenahi persoalan yang mendasar dalam proses pembelajaran di lingkungan kelas masing-masing.

“Mata Pelajaran Geografi adalah salah satu cabang dari Sains yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala dipermukaan bumi baik itu secara fisik maupun yang menyangkut mahluk hidup serta permasalahannya melalui pendekatan ruang ekologi dan regional,” ujar dia.

Dia mengatakan, demikian juga mata pelajaran fisika sebagi salah satu ilmu pengetahuan sains fokus mempelajari sifat dan fanomena alam serta interaksi di dalamnya materi, energi, dan perubahan zat.

Ketua Panita Farida Ariani Nur menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi profesional guru terhadap materi geografi dan fisika, meningkatkan keterampilan guru dalam mengimplementasikan teori georafi dan fisika ke dalam bentuk praktik di laboratorium.

“Total peserta 118 guru yang terdiri dari 59 guru geografi dan 59 guru fisika. Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari dilanjutkan kegiatan praktik di Laboraturium  Education Center Samarida,” lapor Farida. (MH/ADV/DISKOMINFO)

 

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com