Infrastruktur Dasar Wilayah 3T Mesti Diperhatikan

Infrastruktur Dasar Wilayah 3T Mesti Diperhatikan

HARIANKALTIM.COM – Kalimantan Timur merupakan provinsi yang luas dan memiliki wilayah yang beragam, mulai dari daerah perkotaan hingga daerah terpencil. Keadaan ini menyebabkan terjadinya ketimpangan akses internet dan listrik di provinsi tersebut.

Menurut Anggota DPRD Kalimantan Timur Agiel Suwarno, masih ada beberapa desa di wilayah 3T yang tidak terjangkau internet dan akses jaringan listrik PLN juga terbatas. Hal ini menyebabkan masyarakat di wilayah tersebut tertinggal dalam hal akses informasi dan pemanfaatan teknologi.

Agiel Suwarno mengusulkan agar pemerintah provinsi berkoordinasi dengan PLN untuk mengatasi ketimpangan akses internet dan listrik di Kalimantan Timur. Ia juga mengingatkan pemerintah provinsi untuk memenuhi harapan masyarakat di wilayah 3T yang ingin menikmati internet dan listrik.

Berikut adalah beberapa kebijakan yang dapat diusulkan untuk mengatasi permasalahan ini:
• Peningkatan koordinasi dan kerja sama antara pemerintah provinsi, PLN, dan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur internet dan listrik di wilayah 3T.
• Pemanfaatan teknologi tepat guna, seperti PLTS komunal, untuk menyediakan akses listrik di wilayah 3T.
• Pemberian subsidi bagi masyarakat di wilayah 3T untuk mengakses internet dan listrik.

Selain dari pemerintah, masyarakat juga dapat berperan dalam mengatasi permasalahan ini dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur internet dan listrik di wilayah 3T.

Ketimpangan akses internet dan listrik di Kalimantan Timur merupakan permasalahan yang perlu segera diatasi. Pemerintah provinsi dan PLN perlu bersinergi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah 3T. (ADV/FAN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com