Jambore Forum Anak akan Dilaksanakan Setiap Tahun

Jambore Forum Anak akan Dilaksanakan Setiap Tahun

HARIANKALTIM.COM – Jambore Forum Anak dan Outdoor Classroom Day (OCD) atau Hari belajar di Luar Kelas, sukses digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda.

Acara yang didukung penuh Pemkot Samarinda ini rencananya akan dilaksanakan setiap tahun.

Demikian disampaikan Kepala DP2PA Samarinda, Ibnu Araby di sela kegiatan yang diikuti Forum Anak Kota Samarinda, Forum Anak Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Samarinda, dan Fasilitator Forum Anak tersebut, di Taman Salma Shofa, Mugirejo, Minggu (12/11/2023).

“Jambore ini merupakan kegiatan yang positif, menambah wawasan, pengalaman, pola pikir, kekompakan, saling menghargai, dan solidaritas sesama teman,” ujarnya.

Selain itu, sambung dia, sebagai bentuk pemenuhan hak anak, khususnya hak partisipasi.

“Melalui Jambore Forum Anak diharapkan anak dapat lebih termotivasi untuk berkegiatan secara positif, lebih kreatif dan memiliki ide-ide serta pandangan yang bermanfaat bagi pembangunan daerah,” ulas Ibnu..

Apalagi ini pesertanya se-Kota Samarinda dengan latar belakang keluarga dan pendidikan yang berbeda, sehingga akan terjadi interaksi yang sangat positif dari perbedaan yang variatif,” imbuh mantan kepala Dinas Pendidikan kota Samarinda ini.

Kegiatan ini juga memberikan ruang dan kesempatan bagi anak-anak Samarinda untuk dapat berpartisipasi dan menyampaikan aspirasinya.

“Pemkot mendukung penuh kegiatan ini dalam rangka menjaring aspirasi dan partisipasi anak dalam proses menuju Kota Layak Anak Kategori Utama Tahun 2024,” beber Ibnu penuh semangat.

Menurut Ibnu lagi, melalui Jambore Forum Anak Samarinda, Forum Anak Kecamatan, dan Forum Anak Kelurahan berupaya menampung aspirasi dan partisipasi anak-anak Samarinda, yang nantinya akan disampaikan melalui Musrenbang Kota, Kecamatan dan Kelurahan. (ADV)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com