Dorong Keselamatan Berkendara, Dishub Imbau Pengemudi untuk Perhatikan Kondisi Kendaraan

Dorong Keselamatan Berkendara, Dishub Imbau Pengemudi untuk Perhatikan Kondisi Kendaraan

HARIANKALTIM.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltim mengintensifkan upaya untuk meningkatkan keselamatan berkendara dengan mengajak para pemilik kendaraan untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan mereka.

Kepala Dishub Provinsi Kaltim, Yudha Pranoto, menyampaikan bahwa inisiatif ini diambil untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengemudi dan penumpang. Hal ini juga sejalan dengan upaya mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan selama perjalanan.

“Ketika bepergian, baik dalam jarak dekat maupun jauh, pemilik kendaraan harus selalu memeriksa kondisi kendaraan dan kesehatannya,” ujar Yudha.

Dengan adanya kemacetan dan padatnya lalu lintas, kesadaran individu untuk memperhatikan kondisi kendaraan menjadi sangat penting agar tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Selain memberikan imbauan dan sosialisasi, Dishub Kaltim secara rutin melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) atau ramp check.

“Pengemudi angkutan umum diingatkan untuk menjaga kondisi kendaraan agar tetap laik jalan. Keadaan fisik pengemudi juga harus fit dan tidak terpengaruh oleh minuman keras atau narkoba,” imbau Yudha.

Dishub Kaltim juga mengajak masyarakat untuk patuh terhadap peraturan lalu lintas dan melakukan ramp check secara teratur.

Dalam upaya meningkatkan keselamatan, Dishub Kaltim melakukan ramp check pada sejumlah kendaraan, termasuk bus Terminal Sungai Kunjang, bus Terminal Lempake, bus Terminal Paser, secara rutin. Pengecekan dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut layak operasi.

“Kendaraan yang tidak memenuhi standar keselamatan akan dikeluarkan dari jadwal pemberangkatan sementara waktu. Operator bus diminta untuk segera melakukan perbaikan dan memperpanjang buku kendaraan yang berlaku,” singkatnya. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com