Kehadiran IKN, Rusman Ya’qub Optimis Pertumbuhan UMKM Semakin Positif

Kehadiran IKN, Rusman Ya'qub Optimis Pertumbuhan UMKM Semakin Positif

HARIANKALTIM.COM – Tak butuh waktu lama, Ibu Kota Negara sebentar lagi akan hadir di Benua Etam. Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Rusman Ya’qub, melihat ini menjadi gak yang positif. Ia melihat IKN membawa harapan besar dengan prediksi lonjakan jumlah penduduk hingga 13 juta orang pada tahun 2030, yang membuka peluang ekonomi signifikan.

“Saat ini, 24 ribu pekerja terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara, menciptakan peluang baru bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Balikpapan,” ungkap Rusman Ya’qub.

Sebagai wakil rakyat, Rusman Ya’qub menekankan bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian lokal. Untuk mendukung hal ini, ia memaparkan upaya positif dalam pelatihan kewirausahaan produk pangan di Balikpapan, yang melibatkan 30 peserta dari berbagai kota di Kaltim. Digitalisasi dan peningkatan kualitas produk dianggapnya sebagai kunci sukses bagi UMKM.

“UMKM harus terus berinovasi dan memahami pasar digital yang dominan, sehingga produk lokal dapat bersaing dengan baik,” tambahnya.

Rusman Ya’qub, bersama pemangku kebijakan lainnya, mengajak UMKM untuk menjadi pelaku aktif dalam pembangunan IKN Nusantara. Ia mendorong peningkatan keterampilan dan pemasaran produk sebagai langkah menuju pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Kaltim.

“Mari bersama-sama meningkatkan keterampilan dan pemasaran produk, agar UMKM Kaltim dapat tumbuh dan berkembang bersama keberhasilan IKN Nusantara,” tandasnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com