banner 728x90

Kepala SDN 007 Samarinda Ulu Gagas Program LED, Tanamkan Nilai Kemandirian dan Kepemimpinan bagi Pelajar

Kepala SDN 007 Samarinda Ulu Gagas Program LED, Tanamkan Nilai Kemandirian dan Kepemimpinan bagi Pelajar

HARIANKALTIM.COM – SDN 007 Samarinda Ulu sangat berkomitmen melaksanakan Program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sebagai bagian tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Salah satu dimensinya adalah kemandirian (kepemimpinan) yang ditanamkan kepada peserta didik melalui program LED (Leadership Every Day) yang inovatif.

Program LED merupakan gagasan dari Kepala SDN 007 Samarinda Ulu Sri Mulyati MPd yang bertujuan untuk menanamkan nilai karakter kemandirian dan kepemimpinan kepada para siswa sekolah dasar sejak dini, tepatnya sejak mereka berada di kelas 1.

“Program ini dilaksanakan secara merata bagi semua kelas, dengan harapan menghasilkan siswa-siswa yang memiliki kemandirian dan kepemimpinan yang kuat,” ungkapnya kepada media ini, Selasa (18/07/2023).

Dijelaskan, ada empat poin utama dalam pelaksanaan program LED ini, yaitu menyiapkan berbaris, memimpin doa, menyanyikan lagu nasional atau daerah, serta berani melakukan presentasi di depan kelas.

Kepala SDN 007 Samarinda Ulu Gagas Program LED, Tanamkan Nilai Kemandirian dan Kepemimpinan bagi Pelajar

“Poin-poin tersebut dipilih dengan sengaja untuk membantu mengembangkan kemandirian dan kepemimpinan pada para siswa,” ulasnya.

Yang menarik dari program ini adalah pelaksanaannya yang dilakukan secara bergantian, tidak hanya oleh siswa tertentu.

“Dengan demikian, semua siswa memiliki kesempatan untuk mengambil peran sebagai pemimpin dalam berbagai kegiatan,” terang Bu Sri – sapaannya.

Hal ini, sambung dia, bertujuan agar rasa percaya diri dan kemampuan berkomunikasi mereka dapat berkembang secara maksimal.

Melalui program ini, siswa-siswi lebih terlihat percaya diri, berani berbicara di depan kelas, dan lebih terbuka dalam berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya.

“Program LED telah berhasil membudayakan nilai kemandirian dan kepemimpinan di lingkungan sekolah kita. Siswa-siswa kami menjadi lebih berani dan aktif dalam berbagai kegiatan, serta semakin mencintai nilai-nilai nasional. Saya sangat bangga dengan prestasi mereka,” pungkas Bu Sri yang juga pengajar di FKIP Universitas Mulawarman ini. (Media Partner/RED)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com