Lakukan Pembinaan Terhadap Pemuda Disabilitas, Dispora Kaltim Bentuk Forum Disabilitas

Lakukan Pembinaan Terhadap Pemuda Disabilitas, Dispora Kaltim Bentuk Forum Disabilitas

HARIANKALTIM.COM – Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman menyampaikan saat ini Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) telah membentuk forum disabilitas Kaltim yang gunanya untuk mengayomi para pemuda disabilitas.

Rasman menjelaskan bahwa masyarakat harus menerima para penyandang disabilitas hadir di lingkungan mereka tanpa memandang rendah.

“Kita melakukan pembinaan ini sebagai rangkaian dari visi misi gubernur, karena setiap orang punya hak dan keunikannya sendiri,” tegasnya.

Ia menyampaikan pihaknya selalu berupaya untuk melakukan pembinaan khususnya kepada pemuda penyandang disabilitas yang ada di Bumi Etam.

Meskipun mereka masyarakat yang selalu termarjinalkan, ia meminta agar setiap penyandang disabilitas dilindungi dan pemerintah wajib berperan untuk menyiapkan segala keperluannya.

“Penglihatan kita saja yang melihat mereka cacat, padahal mereka itu sebenarnya orang yang sempurna,” sambungnya.

Lebih lanjut, Rasman menyebutkan bentuk perhatian pemerintah kepada penyandang disabilitas adalah adanya staf khusus juru bahas isyarat.

Terakhir ia menambahkan pihaknya terus berupaya melibatkan pemuda disabilitas guna memperlihatkan kepada masyarakat bahwa mereka mampu melahirkan karya.

“Mereka senang dilibatkan. Semoga dengan sering dilibatkannya pemuda disabilitas, masyarakat juga bisa mengubah pemikiran mereka mengenai para pemuda disabilitas,” tandasnya. (ADV/FRI)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com

Penulis: FRIEditor: SIK