banner 728x90

Lomba Kreasi Senam Peregangan Meriahkan Peringatan HKN di Kaltim

Lomba Kreasi Senam Peregangan Meriahkan Peringatan HKN di Kaltim

HARIANKALTIM.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah memulai persiapan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November 2023 dengan menggelar Lomba Kreasi Senam Peregangan.

Lomba ini diselenggarakan dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran pegawai dari berbagai instansi pemerintah, rumah sakit, dan institusi pendidikan bidang kesehatan di provinsi Kaltim.

Kepala Dinkes Kaltim, dr Jaya Mualimin, menyampaikan bahwa lomba ini juga menjadi wujud apresiasi kepada para tenaga kesehatan di Benua Etam yang selama ini berdedikasi dan berkorban untuk menyelamatkan nyawa masyarakat.

“Semoga lomba ini dapat memberikan motivasi dan penghargaan kepada para pahlawan kesehatan,” terangnya.

Selain sebagai ajang kompetisi, Lomba Kreasi Senam Peregangan ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat umum untuk menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga.

Senam peregangan dipilih sebagai salah satu jenis olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan, karena dapat membantu melancarkan peredaran darah, mengurangi stres, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Lomba ini diikuti oleh tim yang terdiri dari minimal lima orang dan maksimal sepuluh orang pegawai dari berbagai instansi di bidang kesehatan di provinsi Kaltim. Satu hal yang penting adalah, peserta lomba tidak boleh merupakan instruktur senam profesional.

Lomba ini akan dilaksanakan dalam dua babak, yaitu babak penyisihan secara daring atau online pada tanggal 13 November 2023, dan babak final secara luring atau offline pada tanggal 15 November 2023. Peserta diperbolehkan menggunakan pakaian bebas dan sopan sesuai dengan kreativitas tim serta membawa atribut pendukung. Musik pengiring yang digunakan adalah lagu bebas.

Bagi mereka yang berminat untuk berpartisipasi, pendaftaran peserta telah dibuka sejak 2 Oktober dan akan berakhir pada 11 November 2023. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link pendaftaran yang telah disediakan.

Penentuan pemenang akan didasarkan pada penilaian dari juri yang mencakup aspek jumlah tim sesuai dengan ketentuan lomba, variasi gerakan, kekompakan gerakan, kreativitas penampilan, dan kesesuaian dengan musik. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pemenang akan menerima uang pembinaan dengan total hadiah mencapai Rp10.000.000 untuk juara pertama, Rp7.800.000 untuk juara kedua, dan Rp5.200.000 untuk juara ketiga.

“Penyerahan hadiah akan dilakukan pada puncak peringatan HKN pada tanggal 18 November 2023. Untuk ketentuan lebih lanjut, peserta dapat merujuk pada Juknis lomba yang dapat diunduh melalui link pendaftaran,” pungkasnya. (Adv/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com