Meningkat, Keikustertaan Pemilihan Guru, Kepsek dan Pengawas Berprestasi

Meningkat, Keikustertaan Pemilihan Guru, Kepsek dan Pengawas Berprestasi

HARIANKALTIM.COM –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menggelar Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi mengalami kenaikan sebesar 56,7 persen keikustertaan peserta dibandingkan tahun 2021 lalu. Kegiatan dilaksanakan di Novotel Hotel Balikpapan mulai 27-30 September 2022.

Kepala Bidang GTK Muhammad Jasniansyah dalam laporannya menyampaikan peserta tahun ini berjumlah 58 peserta yang terdiri dari 46 orang Guru, 11 Kepala Sekolah dan 1 Pengawas Sekolah. Lebih lanjut, Kabid GTK menambahkan proses seleksi dilakukan via aplikasi sehingga mengurangi penggunaan kertas dan peserta dari daerah 3T seperti Mahakam Ulu dan Kutai Barat dapat berpartisipasi.

Untuk tema Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah tahun 2022 yaitu “GTK Berprestasi Siap Menjadi Agen Perubahan di Bidang Pendidikan di Kalimantan Timur” dengan mengikuti meteri seleksi yang terdiri dari pengumpulan dokumen portofolio, tes akademik, tes wawancara, presentasi Best Practice dan Penilaian Kepribadian.

Acara pembukaan Pemilihan GTK Berprestasi dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Khusus Meidalina MSi, Plt Kepala Bidang SMK Taufiqurrohman MSi , Koordinator Pengawas, Koordinator Tim Penilai dari Universitas Mulawarman dan Juara GTK Berprestasi Tingkat Nasional, Dayang Suriani MPd

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Muhammad Kurniawan dalam sambutannya mengimbau kepada peserta agar mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan maksimal dan dapat berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan semangat sportifitas yang tinggi.

“Saya harap para peserta dapat bersaing dengan sportif dan berkompetisi secara sehat sehingga evet ini dapat menghasilkan wakil-wakil guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah berprestasi dari semua jenjang pendidikan yang nantinya akan mewakili Provinsi Kaltim dalam Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif yang diselenggarakan Kemenristek di Jakarta mendatang,” tutur Kadis. (MH/ADV/DISKOMINFO)

 

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com