banner 728x90

Menuju 2025: Dinkes Dorong Kalimantan Timur Capai Target Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Menuju 2025: Dinkes Dorong Kalimantan Timur Capai Target Pengendalian Penyakit Tidak Menular

HARIANKALTIM.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, dr. Jaya Mualimin, memimpin langkah-langkah untuk memastikan bahwa provinsi ini mencapai sembilan target global pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) pada tahun 2025.

Adapun target-target ini mencakup penurunan kematian akibat PTM (seperti jantung, kanker, diabetes, dan PPOK) sebesar 25%, penurunan konsumsi alkohol 10%, serta peningkatan cakupan pengobatan dan teknologi esensial untuk pengobatan PTM mencapai 80%.

“Kami berkomitmen untuk mencapai target global pengendalian PTM tahun 2025 sesuai dengan arahan dan harapan dari berbagai lembaga internasional,” kata pria berkacamata ini.

Salah satu fokus utama adalah penurunan kematian akibat PTM, yang mencakup kondisi seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). dr. Jaya menekankan pentingnya upaya pencegahan dan pengobatan dini dalam mencapai target ini.

Selain itu, penurunan konsumsi alkohol dan kurang aktivitas fisik juga menjadi prioritas. “Kami akan terus mengedukasi masyarakat tentang dampak buruk konsumsi alkohol dan kebiasaan hidup kurang aktif. Ini langkah kunci dalam mencapai target penurunan kematian dan meningkatkan kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Dalam menanggapi target penurunan tekanan darah tinggi, penurunan konsumsi tembakau, peningkatan pengobatan diabetes/obesitas, penurunan asupan garam, dan cakupan terapi farmakologis untuk pencegahan serangan jantung dan stroke, dr. Jaya Mualimin menegaskan bahwa pihaknya akan mengimplementasikan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kalimantan Timur.

“Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat, sangat penting dalam mencapai target ini. Kami akan melibatkan berbagai sektor dan bersinergi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pola hidup sehat,” pungkasnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com