banner 728x90

Minimnya Ruang Konseling di Sekolah, DPRD Kaltim Usulkan Pembangunan Klinik Konseling Bagi Siswa

Minimnya Ruang Konseling di Sekolah, DPRD Kaltim Usulkan Pembangunan Klinik Konseling Bagi Siswa

HARIANKALTIM.COM – DPRD Kaltim sangat menyenangkan atas banyaknya sekolah-sekolah di Kaltim yang hingga kini, masih belum memiliki ruang konseling tersendiri bagi siswa dan guru Bimbingan Konseling (BK)

Anggota Komisi IV Rusman Ya’qub memberikan perhatian kepada profesi guru-guru BK di Kaltim yang masih belum memiliki ruang tersendiri untuk membina siswa-siswinya.

“Ya kita lihat saya positioning guru-guru BK disatuan pendidikan selama ini tidak memadai khususnya di sekolah-sekolah negeri, ada satuan pendidikan yang hanya memberi ruang sisa atau ruangan tak terpakai untuk jadi ruang konseling,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rusman mengatakan selama ini fasilitas yang diberikan oleh sekolah kepada guru-guru BK. Sebagian besar, belum mumpuni untuk digunakan sebagai wadah penyalur keresahan siswa-siswi di sekolah.

“Belum lagi persoalan persepsi guru terhadap guru BK, seolah-olah seluruh problematika siswa itu harus ditangani BK padahal itu bisa guru mapel sendiri,” imbuhnya

Politikus PPP ini berpesan agar para guru BK dapat meningkatkan kapasitas dalam aspek kompetensinya. Meskipun masih belum mempunyai ruangan yang layak untuk menangani masalah siswa-siswi yang cukup rumit.

“Karena modus atau varian dari problem siswa itu sudah semakin banyak motifnya, ya guru BK dituntut untuk meningkatkan kompetensinya,” katanya

Terakhir, Rusman berharap Pemprov Kaltim, khususnya Disdikbud dapat membangun ruangan-ruangan tersendiri di seluruh sekolah yang ada di Kaltim dan membentuk klinik konseling, yang tentunya tidak hanya diisi oleh guru BK saja. Namun juga melibatkan konselor atau psikolog berpengalaman langsung.

“Mestinya ada semacam klinik konseling gitu ya, yang dibawah naungan Disdik sehingga masalah krusial yang tak bisa ditangani satuan pendidikan, akan dirujuk ke klinik konseling itu untuk nanti ditangani konselor dan psikolog,” tutupnya. (ADV/SIKO)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com