Pembangunan Kereta Api Logistik di Kaltim Jadi Proyek Strategis Nasional

Pembangunan Kereta Api Logistik di Kaltim Jadi Proyek Strategis Nasional

HARIANKALTIM.COM – Proyek pembangunan Kereta Api Logistik di Kalimantan Timur (Kaltim) resmi menjadi bagian dari Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN), menandakan komitmen serius pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur transportasi yang efisien di wilayah tersebut.

Pengembang utama proyek ini, PT. Bayan Resources, telah memaparkan rencananya dalam rapat di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim. Saat ini, perusahaan sedang berproses untuk mendapatkan izin prinsip dari Gubernur Kaltim sebagai langkah awal.

Dalam kerja sama dengan MASKA (Masyarakat Kereta Api) dan PUSTRAL (Pusat Studi Transportasi dan Logistik), PT. Bayan Resources sedang melakukan kajian Pra-FS (Pre-Feasibility Study). Kajian ini dirancang untuk mengevaluasi aspek ekonomi dan keuangan dari proyek pembangunan infrastruktur kereta api logistik yang fokus pada batubara di Provinsi Kaltim.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Yudha Pranoto menyampaikan harapannya untuk mendapatkan dukungan dan data-data sekunder yang diperlukan dari berbagai instansi terkait di Provinsi Kaltim dan Kementerian.

“Data ini tentu menjadi dasar penting dalam penyusunan kajian yang mendalam untuk menilai kelayakan proyek,” kata Yudha

Dengan perhatian serius dari pemerintah dan kolaborasi antara PT Bayan Resources, MASKA, dan PUSTRAL, diharapkan pembangunan Kereta Api Logistik di Kaltim akan segera menjadi kenyataan.

“Tentunya proyek ini diharapkan dapat berperan penting dalam pengembangan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, serta peningkatan efisiensi logistik batubara di Kalimantan Timur,” tandasnya. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com