Pemerintah Daerah Kaltim Alokasikan Anggaran Beasiswa untuk Transformasi SDM Kesehatan, Terutama Tenaga Medis

Pemerintah Daerah Kaltim Alokasikan Anggaran Beasiswa untuk Transformasi SDM Kesehatan, Terutama Tenaga Medis

HARIANKALTIM.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, Jaya Mualimin, mengumumkan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan, dengan fokus khusus pada tenaga medis.

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran besar untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa kedokteran dan kesehatan.

“Tahun ini, hampir Rp1,2 triliun disalurkan melalui Beasiswa Kaltim Tuntas. Dana tersebut kami manfaatkan untuk mendukung para mahasiswa di bidang kedokteran dan kesehatan, termasuk memberikan beasiswa kepada dokter-dokter spesialis. Baik untuk mengambil subspesialis maupun spesialisasi lainnya, beasiswa ini terbuka luas,” papar Jaya Mualimin.

Peningkatan anggaran beasiswa ini mencerminkan komitmen pemerintah Kalimantan Timur dalam mendukung pendidikan dan pembentukan SDM kesehatan yang berkualitas. Fokus pada tenaga medis, termasuk dokter spesialis, menunjukkan perhatian khusus terhadap kebutuhan tenaga profesional yang dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan insentif bagi calon tenaga medis untuk mengejar pendidikan tinggi dan mengambil spesialisasi. Dengan memberikan beasiswa yang mencakup berbagai jenjang pendidikan, pemerintah daerah berharap dapat meningkatkan ketersediaan tenaga kesehatan yang terampil dan berkompeten di masa mendatang.

“Beasiswa ini adalah investasi dalam sumber daya manusia kesehatan. Dengan mendukung pendidikan mereka, kita tidak hanya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, tetapi juga memastikan bahwa kebutuhan masyarakat akan tenaga medis yang berkualitas terpenuhi,” tambahnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com