Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Kaltim 

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Kaltim 

HARIANKALTIM.COM – Dalam rangka melahirkan pelajar yang berprestasi dan memiliki kepedulian dalam mewujudkan keselamatan LLAJ serta menanamkan dan membangun pemahaman kesadaran dalam berperilaku tertib berlalu lintas untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Berdasarkan hal tersebut, maka setiap tahunnya diadakan agenda Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Kaltim yang dilanjutkan ke jenjang nasional. Hal ini juga sejalan dengan agenda nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan sesuai dengan Permenhub RI No PM 52 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Pelajar Pelopor Keselamaan LLAJ.

Kegiatan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Kaltim dilaksanakan selama 2 hari (3-4 Agustus 2022) di Hotel Harris Samarinda, para peserta sejumlah 26 orang pelajar berasal dari perwakilan SMA/SMK/MAN di 6 Kab./Kota se-Kaltim (Samarinda, Balikpapan, Kukar, Kutim, Berau dan Paser), dimana Pelajar Pelopor yang dikirim untuk tingkat Provinsi merupakan hasil pemenang perwakilan dari Kab/Kota yang telah melaksanakan kegiatan tersebut pada tingkat Kab/Kota.

Beberapa kriteria dan persyaratan bagi Peserta Pelajar Pelopor meliputi : mempunyai apresiasi dan wawasan Keselamatan LLAJ dengan memahami terkait lalu lintas dan angkutan jalan, memiliki ide, karya kreatif dan/atau inovatif dalam Keselamatan LLAJ, mampu memotivasi lingkungan sekitarnya serta terlibat aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler sekolah untuk mendukung dalam menyebarkan informasi atau pengetahuan terkait Keselamatan LLAJ dan dapat berbahasa inggris atau bahasa asing lainnya dan/ atau memiliki keterampilan seni dan budaya.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Yudha Pranoto berpesan kepada wakil Kaltim pada saat acara pembukaan agar adik-adik dapat serius namun santai dalam mengikuti rangkaian materi dan seluruh acara sampai selesai dengan mengedepankan sopan santun, keluwesan dalam bersosialisasi, mencerminkan dan mengenalkan nilai budaya daerah Kaltim ke level nasional serta meningkatkan pengetahuan terkait keselamatan LLAJ.

Pemenang Pelajar Pelopor Tingkat Prov. Kaltim untuk 2 peserta terbaik akan diikutsertakan dalam event Nasional yaitu Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan RI pada tanggal 12-15 September 2022 di hotel Mercure Jakarta. Perwakilan dari Kalimantan Timur adalah Ida Ayu Livia Artika Dewi dari SMAN 1 Balikpapan, dan Adji Zahra Mahdiyyah dari MAN Berau. (MH/ADV/DISKOMINFO)

 

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com