Pemindahan IKN, Pemerintah Diminta Perbaiki Infrastruktur dan Diversifikasi Ekonomi

Pemindahan IKN, Pemerintah Diminta Perbaiki Infrastruktur dan Diversifikasi Ekonomi

HARIANKALTIM.COM – Pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kalimantan Timur menjadi momentum penting bagi provinsi tersebut. Pemerintah provinsi diminta untuk mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya dengan memperbaiki infrastruktur dan diversifikasi ekonomi.

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun mengatakan, terdapat berbagai tantangan yang dihadapi Kalimantan Timur dalam menghadapi perubahan besar pada masa mendatang. Salah satunya adalah lonjakan penduduk yang diperkirakan mencapai 1,5 juta orang pada tahun 2045.

Untuk menghadapi lonjakan penduduk tersebut, Samsun meminta pemerintah provinsi untuk mempersiapkan infrastruktur dasar yang memadai, seperti jalan, listrik, jaringan internet, dan sarana pendukung lainnya.

Selain itu, Samsun juga mengingatkan pentingnya diversifikasi ekonomi di Kalimantan Timur. Hal ini penting untuk mengantisipasi jika sektor pertambangan, yang selama ini menjadi penopang perekonomian Kalimantan Timur, mengalami penurunan.

Samsun mengusulkan agar sektor pertanian menjadi sektor yang ditonjolkan di Kalimantan Timur. Sektor pertanian dapat dikembangkan dengan membangun infrastruktur irigasi dan fasilitas pendukung lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Samsun meminta pemerintah provinsi untuk melibatkan masyarakat lokal sejak awal.

Pemindahan IKN merupakan momen penting bagi Kalimantan Timur. Pemerintah provinsi perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi perubahan yang akan terjadi. (ADV/FAN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com