Plt Kadispar Kaltim Berharap Mahakam Run 10K Jadi Even Tahunan

Plt Kadispar Kaltim Berharap Mahakam Run 10K Jadi Even Tahunan

HARIANKALTIM.COM – Diangkatnya bendera pertanda dimulainya hajatan besar Mahakam 10K Run pada 21 Agustus 2022 di Hotel Haris Samarinda. Gelaran yang melibatkan para pelari amatir, profesional, komunitas, hingga rekan-rekan difabel menyuguhkan pemandangan Jembatan Kembar dan Tepian Sungai Mahakam.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dapil Kalimantan Timur, Hetifah Sjaifudian selaku penggagas acara ini mengungkapkan bahwa Mahakam 10K Run digadang-gadang menjadi salah satu even sport tourism terbesar yang ada di Kalimantan Timur.

“Dengan mengusung konsep nature, food, and people for sport tourism, Mahakam Run 10K akan menjadi salah satu event nasional yang bergengsi di Kaltim yang dapat diikuti oleh berbagai kalangan dari pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, hingga teman-teman disabilitas,” ungkap Hetifah.

Hetifah menambahkan, Kota Samarinda sebagai salah satu penyangga Ibu Kota Nusantara yang diproyeksikan akan menjadi kota metropolitan rendah karbon dengan konsep sustainable, green, dan technology advanced sudah selayaknya unjuk gigi menunjukkan geliat yang seharusnya dipancarkan oleh sebuah pusat negara, salah satunya dengan menyemarakkan acara-acara pariwisata maupun olahraga yang mampu menyedot wisatawan ke Kalimantan Timur.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, HM Irvan Rivai mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada DPR RI terutama Komisi X atas terlaksanakan kegiatan ini.

“Apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada DPR RI Komisi X yang diwakili oleh Wakil Ketua Ibu Hetifah selaku penggagas kegiatan Mahakam Run 10K, karena moment ini merupakan wujud dari upaya membangkitkan perekonomian Kalimantan Timur terutama sektor Pariwisata. Dan kami berharap kegiatan ini dapat diagendakan menjadi event rutin tahunan sehingga para wisatawan dapat memasukkan Mahakam Run 10K ke dalam list wisata olahraga mereka,” ujar Irvan.

Kemudian Ketua Pelaksana Mahakam 10K Run, Siswanda H. Sumarto mengungkapkan bahwa kegiatan Mahakam Run ini diikuti oleh 1200 Peserta. “Saya ucapkan terikasih kepada seluruh peserta yang telah hadir pada pagi ini dan turut memeriahkan Mahakam Run, untuk diketahui bahwa kegiatan pagi ini diikuti oleh 1200 peserta yang masih didominasi oleh peserta Kota Samarinda namun ada beberapa peserta yang berasal dari luar Samarinda bahkan Kalimantan Timur. Selain itu saya juga mengucapkan terimakasih kepada para sponsor dan pendukung hingga acara ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses,” Ungkap Siswanda. (MH/ADV/DISKOMINFO)

 

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com