Pola Hidup Sehat: Kunci Mencapai Indonesia Sehat

Pola Hidup Sehat: Kunci Mencapai Indonesia Sehat

HARIANKALTIM.COM – Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Akhmed Reza Fachlevi mengajak masyarakat menggelorakan pola hidup sehat guna memperingati Hari Kesehatan Nasional, pada 12 November 2023.

Reza mengatakan, kesehatan adalah harta yang paling berharga dalam hidup manusia. Dengan menjaga kesehatan, kita dapat menikmati setiap momen dengan lebih baik dan mencapai potensi penuh dalam segala hal yang kita lakukan.

“Pada Hari Kesehatan Nasional, mari kita galakan pola hidup sehat, bersama-sama menjaga kesehatan, baik di lingkungan rumah, pekerjaan, fasilitas umum dan lainnya,” ujar Reza di Samarinda, Senin.

Reza menyebutkan upaya menjaga kesehatan yaitu konsumsi makanan bergizi secara seimbang, menghindari makanan tidak sehat seperti mengandung kolesterol jahat, aktif secara fisik dengan berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan yang sehat, serta menjaga kesehatan mental dengan menghindari stres, bersikap dan berpikir positif, serta menjalin hubungan sosial yang harmonis.

Selain itu, Reza juga meminta kesejahteraan tenaga kesehatan juga menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah. Menurutnya, tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan.

“Kami berharap kesejahteraan tenaga kesehatan meningkat, apalagi perhatian pemerintah masih sangat minim, seperti uang jasa pelayanan,” katanya.

Reza berharap pemerintah dapat memberikan insentif yang layak kepada tenaga kesehatan, baik dokter, perawat, bidan, maupun tenaga pendukung lain.

“Tenaga kesehatan adalah aset bangsa yang harus dihargai dan dihormati. Mereka telah berjuang dan berkorban untuk menyelamatkan nyawa masyarakat,” tutur Reza.

Reza juga mengatakan pemenuhan tenaga kesehatan di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) mesti dipikirkan ke depan. Terutama, tenaga-tenaga dokter di pedalaman yang saat ini masih belum seimbang.

“Pemprov Kaltim harus memikirkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan bagi tenaga kesehatan yang mau bertugas di wilayah 3T. Selain itu, juga harus memastikan fasilitas kesehatan di sana memadai dan terjangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Komisi IV DPRD Kaltim yang membidangi kesehatan dan pendidikan, menurutnya, akan terus mengawasi dan mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah 3T. (ADV/FAN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com