banner 728x90

Rendi Solihin Targetkan Angka Stunting di Kukar Turun 14 Persen Tahun Depan

Rendi Solihin Targetkan Angka Stunting di Kukar Turun 14 Persen Tahun Depan

HARIANKALTIM.COM – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin memastikan target penurunan angka stunting 14 persen di Kukar dapat tercapai di tahun 2024.

Hal tersebut ia sampaikan saat mencanangkan Desa Loa Janan Ulu sebagai Desa Bebas Stunting (D’Best) di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa setempat.

Untuk diketahui, tiga desa di Kukar yang dicanangkan sebagai D’Best. Di antaranya, Desa Giri Agung Kecamatan Sebulu, Desa Kuala Samboja kecamatan Samboja dan Desa Loa Janan Ulu kecamatan Loa Janan

Rendi mengatakan, berdasarkan data di tahun 2021, angka stunting di Kukar mencapai 26,4 persen, kemudian 2022 karena adanya pandemi Covid-19 meningkat menjadi 27,1 persen.

“Tahun 2023 ini di Kukar walau belum dirilis, namun sedikit ada kabar baik, ini semua berkat kerja sama lintas stakeholder yang ada di Kukar, khususnya teman-teman TPK di posyandu yang ada di seluruh Kukar,” ujar Rendi.

“Angka yang dirilis kementerian Kesehatan mudah-mudahan bisa menembus di angka 16 persen, kita tunggu rilis resminya di akhir Desember nanti,” sambungnya.

Rendi berharap, penurunan angka stunting di Kukar bisa menembus angka nasional, karena saat ini Kukar sudah mengalami kemajuan yang luar biasa.

“Mudahan-mudahan target 14 persen di tahun 2024 itu sangat optimis dapat kita capai,“ harap Rendi.

Wabup Rendi mengungkapkan, anggaran untuk pengentasan kemiskinan dan penurunan stunting sebesar Rp300 miliar di tahun 2024.

“Ini kita tempatkan di beberapa sektor atau OPD yang mengurusi secara bergotong royong, karena ini menjadi fokus kita ke depan,” pungkasnya. (RED)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com