banner 728x90

RSJD Atma Husada Kaltim Menerapkan Tes Psikometri Digital dalam Menilai Kesehatan Mental Calon Legislatif

RSJD Atma Husada Kaltim Menerapkan Tes Psikometri Digital dalam Menilai Kesehatan Mental Calon Legislatif

HARIANKALTIM.COM – Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Dinas Kesehatan Kalimantan Timur (Kaltim) di bawah kepemimpinan Direktur UPT RSJD, Indah Puspitasari, telah mengambil langkah progresif dalam menyediakan penilaian kesehatan mental bagi calon legislatif yang akan mencalonkan diri pada Pemilu.

“Kami menerapkan instrumen Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) atau tes psikometri untuk mengukur psikopatologi pada orang dewasa,” tuturnya.

Meskipun tanggung jawab penyediaan sumber daya kesehatan berada di tangan kabupaten dan kota, RSJD Atma Husada Kaltim membuka peluang kolaborasi secara digital.

“Kami menyadari bahwa tidak semua calon legislatif dapat secara fisik mengunjungi rumah sakit kami, terutama di daerah yang jauh. Oleh karena itu, kami telah mengembangkan platform digital untuk melakukan tes psikometri. Calon legislatif dapat masuk ke ruang yang difasilitasi oleh partai politik mereka, dan kami akan mendiagnosa hasil tes tersebut,” tambahnya.

Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk menilai risiko gangguan kesehatan mental yang mungkin dialami oleh calon legislatif. Melalui skrining awal ini, RSJD Atma Husada Kaltim dapat memberikan panduan awal dan rekomendasi jika ditemukan masalah kesehatan mental.

Inisiatif ini telah diterapkan di seluruh Kalimantan Timur, dan RSJD Atma Husada Kaltim siap berkolaborasi dengan partai politik yang membutuhkan layanan ini. Pihaknya juga memastikan bahwa kerahasiaan data tetap terjaga.

Ia juga menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan mental untuk calon legislatif, karena kondisi fisik mungkin lebih mudah diamati, sedangkan aspek mental tidak selalu terlihat. RSJD Atma Husada direkomendasikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pemeriksaan yang berhubungan dengan NPPA (Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif).

“Untuk penyediaan psikolog kami juga ada,” tutupnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com