Sigit Wibowo: Pimpinan Baru BI Diharapkan Berperan dalam Menekan Inflasi di Kaltim

Sigit Wibowo: Pimpinan Baru BI Diharapkan Berperan dalam Menekan Inflasi di Kaltim

HARIANKALTIM.COM – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo menyampaikan harapannya kepada kepemimpinan baru di Bank Indonesia (BI), khususnya dalam upaya menekan angka inflasi di wilayah Benua Etam.

“Hal ini mencakup pengendalian angka inflasi serta meningkatkan perputaran uang di Kaltim,” ungkapnga.

Sigit mengatakan stabilitas ekonomi di Kaltim memiliki implikasi besar pada ekonomi nasional karena wilayah ini, sebagai salah satu provinsi krusial di Indonesia, memiliki kebutuhan ekonomi khusus.

Dalam konteks data terbaru mengenai Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kaltim, Sigit menekankan angka inflasi September 2023. Ini menggambarkan perlunya upaya untuk mengendalikan inflasi terutama dari sektor pengeluaran untuk makanan, minuman, dan tembakau.

“Seperti kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN), juga menjadi sorotan. Maka penting menjaga angka inflasi lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata nasional guna memastikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” terangnya.

Sigit menegaskan bahwa sinergi antara Bank Indonesia dan pemerintah daerah, terutama dalam pembinaan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), adalah krusial dalam memajukan program-program yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Sigit memberikan apresiasi terhadap program-program yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia, seperti Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Kalimantan Timur, yang berupaya memajukan ekonomi syariah di wilayah tersebut.

Sigit Wibowo juga memberikan ucapan selamat kepada Budi Widihartanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim yang baru, sambil mengakui kontribusi besar dari Ricky Perdana Gozali, Kepala Kantor Perwakilan sebelumnya, dalam mendukung perkembangan ekonomi dan keuangan di Kaltim.

Sebagai representatif dari DPRD Kaltim, Sigit dengan tegas menyuarakan harapan dan ekspektasi penting terhadap kepemimpinan BI yang baru, semoga dapat membantu memastikan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas di Kaltim yang berdampak positif pada seluruh Indonesia. (ADV/SIKO)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com