Sungai Karang Mumus: Potensi Ekonomi yang Tersumbat Sampah

Sungai Karang Mumus: Potensi Ekonomi yang Tersumbat Sampah

HARIANKALTIM.COM – Sungai Karang Mumus (SKM) Samarinda memiliki potensi ekonomi yang besar. Sungai ini dapat menjadi destinasi wisata, sarana transportasi, dan sumber air bersih. Namun, potensi tersebut belum dapat dioptimalkan karena permasalahan klasik, yaitu sampah.

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Timur Siti Rizky Amalia mengatakan, Sungai SKM dapat menjadi sumber PAD bagi Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda. Namun, hal ini tidak akan terwujud jika permasalahan sampah tidak segera diatasi.

“Memanfaatkan aliran sungai juga menjadi salah satu langkah untuk membantu roda perekonomian masyarakat sekitar,” kata Rizky.

Rizky mengatakan, Pemkot Samarinda dan Pemprov Kaltim harus segera membuat regulasi untuk mencegah pembuangan sampah ke Sungai SKM. Selain itu, pemerintah juga perlu menyediakan sarana pendukung seperti tempat sampah di sepanjang tepi aliran sungai.

“Kesadaran masyarakat disini sangat diperlukan. Bukan hanya peran pemerintah, melainkan harus ada kolaborasi yang perlu diciptakan,” ujarnya.

Rizky berharap, Sungai SKM dapat menjadi ikon baru Samarinda. Sungai ini dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. (ADV/FAN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com