Sutomo Jabir Akan Mengawasi Alokasi APBD Agar Sesuai Dengan Pengalokasian

Sutomo Jabir Akan Mengawasi Alokasi APBD Agar Sesuai Dengan Pengalokasian

HARIANKALTIM.COM – Anggota DPRD Kaltim, Sutomo Jabir, berjanji untuk terus mengontrol alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di tiga Kabupaten dan Kota, yaitu Bontang, Kutai Timur (Kutim), dan Berau. Tujuannya adalah memastikan bahwa anggaran tersebut benar-benar digunakan untuk program-program yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat dan peningkatan infrastruktur di wilayah tersebut.

Salah satu fokus perhatian Jabir adalah penanganan banjir di Bontang. Ia menyampaikan bahwa banjir tersebut berasal dari aliran air Kutim, dan solusi yang diusulkan adalah pembangunan bendungan di Sungai Suka Rahmat. Namun, proyek ini mengalami kendala dalam perizinan kawasan hutan dan studi kelayakan.

“Kami berjuang untuk mendapatkan izin sejak beberapa tahun lalu. Bendungan ini penting untuk mengatur debit air dan mencegah banjir di Bontang,” ungkap Jabir.

Selain itu, Jabir juga menyoroti rencana membersihkan dan memperdalam sungai yang mengalir ke kota serta memanfaatkan kolam buatan dan bekas tambang sebagai sumber air bersih. Ia menyatakan bahwa air dari kolam tersebut sudah diuji dan dapat diolah menjadi air bersih untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Air dari kolam bekas tambang dapat dialirkan ke Bontang dan Kutim. Proyek ini termasuk dalam anggaran tahun depan, termasuk pembangunan pipa pendistribusian air bersih,” jelasnya.

Jabir juga aktif dalam mengawasi pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kutim dengan harapan agar IPAL tersebut dapat beroperasi secara efektif tanpa merusak lingkungan sekitar.

“Meski masih banyak masalah di Kutim dan Berau, seperti jembatan dan jalan provinsi, saya tetap optimis bahwa dengan kerja sama antara Pemerintah Pusat, provinsi, serta kabupaten dan kota, kita dapat membangun daerah ini menjadi lebih baik,” pungkasnya. (ADV/MAY)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com