Tingkatkan Kinerja Dishub Kaltim Melalui Implementasi SAKIP

Tingkatkan Kinerja Dishub Kaltim Melalui Implementasi SAKIP

HARIANKALTIM.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah menjadikan peningkatan kinerja Pemerintah Daerah sebagai fokus utama, dengan mengadakan sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan evaluasi kinerja melalui penerapan E-SAKIP dan penyajian data untuk mendukung evaluasi SAKIP Tahun 2023.

Kegiatan ini sebelumnya telah diselenggarakan di Kota Balikpapan beberapa waktu lalu sebagai langkah implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP), yang telah diatur dalam Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pedoman Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah pada Perangkat Daerah.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, Yudha Pranoto, menekankan pentingnya komitmen bersama dalam meningkatkan kinerja Dishub Kaltim pada tahun 2023.

“Ini mencerminkan tekad kita untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel,” ujar Yudha.

Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan dorongan untuk meningkatkan kinerja Dishub Kaltim dan memotivasi komitmen dalam menyusun data pendukung sesuai dengan instrumen penilaian, termasuk Lembar Kerja Evaluasi (LKE) yang diatur dalam lampiran Pergub Kaltim No. 26 Tahun 2022.

“Tujuan utamanya adalah meningkatkan nilai SAKIP pada tahun 2023, terutama dengan fokus pada penerapan E-SAKIP sebagai sistem elektronik untuk akuntabilitas kinerja pemerintah,” tambahnya.

Penerapan E-SAKIP memiliki potensi untuk membuat proses evaluasi kinerja lebih efisien dan transparan. Selain itu, rencananya akan ada penyajian data yang mendukung evaluasi SAKIP tahun 2023, yang diharapkan akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pelaksanaan SAKIP kepada semua peserta.

Melalui kerja sama dan komitmen bersama, Yudha mendorong agar kinerja aparatur sipil negara (ASN) terus ditingkatkan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih baik.

“E-SAKIP dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam mencapai tujuan tersebut,” katanya dengan keyakinan. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com