Tingkatkan Prestasi Olahraga Kaltim, Dispora Minta Peran Seluruh Stakeholder

Tingkatkan Prestasi Olahraga Kaltim, Dispora Minta Peran Seluruh Stakeholder

HARIANKALTIM.COM – Hingga saat ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim terus berbenah dan berupaya untuk terus meningkatkan prestasi olahraga di provinsi Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK), yang menyebutkan bahwa pihaknya telah menyusun program jangka panjang untuk mencapai prestasi itu.

Menurutnya prestasi olahraga merupakan salah satu program prioritas, sehingga ia mengajak seluruh perangkat daerah (PD) membantu mewujudkannya.

“Tentunya kami akan melibatkan banyak pihak untuk merumuskan program,” ungkapnya (8/11/2023).

AHK juga mengutarakan Dispora telah melaksanakan Forum Perangkat Daerah (FPD) untuk merumuskan program dan kegiatan peningkatan prestasi olahraga bersama perangkat daerah lain.

“Pertemuan tersebut membahas sumbangan program olahraga sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah masing-masing,” terangnya.

Ia juga berharap agar seluruh perangkat daerah yang akan menjadi mitra terkait kebijakan dan program Dispora Kaltim agar bekerja lebih optimal.

Ia menilai kerja sama yang baik akan melahirkan persepsi yang sama dan memahami apa yang harus dilakukan dalam pembinaan kepemudaan dan keolahragaan.

“Jadi staf Dispora maupun pejabatnya paham kerja sama antar perangkat daerah). Kalau tidak, maka IKU tidak akan tercapai. Ibarat mobil tanpa lampu, tanpa bahan bakar, ya tidak bisa jalan,” sambungnya.

Terakhir, Agus meminta dalam pembinaan penunda supaya tidak terjadi dobel pembinaan, dimana hampir semua OPD bersentuhan dengan pemuda.

Ia juga berpesan agar ada pembinaan serta perhatian bagi pemuda yang termarjinalkan.

“Kita bangun dan bina organisasi yang pengurusnya adalah pemuda yang berusia 16 hingga 30 tahun sesuai amanah Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan,” pungkasnya. (ADV/FRI)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com