banner 728x90

Transformasi Rujukan Kesehatan di Kalimantan Timur, Masyarakat Didekatkan dengan Layanan Berkualitas

Transformasi Rujukan Kesehatan di Kalimantan Timur, Masyarakat Didekatkan dengan Layanan Berkualitas

HARIANKALTIM.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, Jaya Mualimin, mengumumkan langkah signifikan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayahnya.

Transformasi rujukan yang diimplementasikan bertujuan untuk memudahkan akses dan mendekatkan masyarakat kepada layanan kesehatan berkualitas.

“Terutama terkait dengan 10 prioritas penyakit yang harus tersedia di setiap provinsi,” jelasnya.

Jaya menjelaskan bahwa fokus transformasi rujukan ini mencakup penyakit-penyakit kritis seperti kanker, jantung, stroke, uronefrologi, bedah saraf, bedah toraks, bedah vaskular, bedah anak, bedah plastik, dan bedah mulut.

Upaya ini diarahkan untuk memastikan bahwa setiap provinsi memiliki layanan yang komprehensif untuk menangani kasus-kasus ini.

“Dalam beberapa bulan terakhir, Gubernur Isran Noor meresmikan layanan operasi jantung terbuka di Kaltim sebagai salah satu langkah konkrit terkait dengan 10 prioritas penyakit tersebut,” ungkap Jaya Mualimin.

Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah provinsi untuk memberikan akses terbaik dalam penanganan penyakit-penyakit kritis.

Lebih lanjut, Jaya menekankan kolaborasi yang telah dibangun dengan lima rumah sakit pusat. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk menjadikan layanan rumah sakit di Kalimantan Timur sebagai rujukan nasional.

Dengan langkah ini, masyarakat tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke Jakarta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas.

“Kami berusaha menciptakan sistem kesehatan yang efisien dan efektif, di mana masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan terbaik tanpa harus meninggalkan wilayah ini,” tambahnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com