banner 728x90

Veridiana Haraq Wang: Bangun Sarana dan Prasarana Pendidikan di Kaltim Secara Proporsional

Veridiana Haraq Wang: Bangun Sarana dan Prasarana Pendidikan di Kaltim Secara Proporsional

HARIANKALTIM.COM – Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Veridiana Haraq Wang, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk mengevaluasi program-program kerja di bidang pendidikan. Hal ini menyusul minimnya pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di daerah pedalaman, pinggiran, dan daerah tertinggal.

Veridiana menyampaikan aspirasi tersebut secara langsung kepada Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik, pada Rapat Paripurna ke-41 DPRD Kaltim di Gedung B Kantor DPRD Kaltim, Kamis (16/11/23).

“Anggaran wajib pendidikan kita 20% dari APBD. Kalau melihat APBD Kalimantan Timur 20 triliun berarti ada 4 triliun yang ada di Dinas Pendidikan. Seyogyanya anggaran ini bisa dinikmati oleh seluruh wilayah Kalimantan Timur. Tetapi faktanya hari ini ada sekolah-sekolah yang sarana dan prasarananya masih minim, terutama yang ada di daerah pedalaman, pinggiran, dan daerah tertinggal,” terangnya.

Veridiana mengatakan, penting bagi Pemprov Kaltim untuk membangun sarana dan prasarana pendidikan secara proporsional antara daerah perkotaan, daerah pinggiran, dan daerah pedalaman. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat Kalimantan Timur, termasuk yang tinggal di daerah terpencil, memiliki akses pendidikan yang berkualitas.

“Mohon kiranya juga dievaluasi untuk kinerja-kinerja kepala perwakilan dari Dinas Pendidikan yang ada di Kabupaten/Kota Pak. Khususnya untuk Sekolah Menengah yang menjadi kewenangan dari Pemerintah provinsi Kalimantan Timur,” ujarnya menambahkan.

Veridiana juga menekankan pentingnya pendidikan bagi masyarakat Kalimantan Timur. Menurutnya, pendidikan merupakan modal dasar untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Pendidikan itu penting. Pendidikan itu yang membekali SDM di Kalimantan Timur agar mampu bersaing dan siap menyambut IKN,” pungkasnya. (ADV/FAN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com