151 Warga Loa Janan Kehilangan Tempat Bernaung, 2 Orang Pingsan Saat Kebakaran

151 Warga Loa Janan Kehilangan Tempat Bernaung, 2 Orang Pingsan Saat Kebakaran

HARIANKALTIM.COM – Kebakaran hebat melanda permukiman dan pertokoan di Jalan Cipto Mangunkusumo, RT 9 dan 10, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Rabu (29/03/2023) pagi.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.45 WITA dan berlangsung selama 2 jam hingga pukul 10.45 WITA.

“Awalnya pagi tadi kami mendapat laporan terjadi kebakaran di Loa Janan Ilir, kemudian Tim Damkar dari empat posko bergegas ke lokasi, dibantu tim relawan,” terang Komandan Pleton (Danton) Damkar Loa Janan Ilir, Muhammad Yusran.

Menurut data sementara, terdapat 17 bangunan yang terdiri dari 10 tempat usaha dan 7 bangsal 72 pintu ludes terbakar dalam musibah ini.

Sebanyak 66 KK atau 151 jiwa menjadi penghuni dari bangunan tersebut, namun data real masih dalam pengecekan.

Selain itu, 2 orang pingsan dan 3 orang luka ringan menjadi korban luka, namun kabar baiknya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, namun api diduga berasal dari salah satu bangsal yang ditinggal kerja.

Di lapangan, angin kencang dan banyaknya warga yang menonton menjadi kendala bagi petugas.

Sejumlah unsur turut terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran tersebut.

Sebanyak 11 unit fire truck dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda serta PMK swasta, dan 18 mesin portable dari relawan turut dikerahkan.

Begitu pula para relawan Kota Samarinda dan Loa Janan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tim Medis Emergency Medical Team, Dishub Samarinda, patroli beat 110, Satpol PP, serta Polsekta Samarinda Seberang dan Polsek Seberang Pos Loa Janan, serta Samarinda Siaga 112 juga turut membantu. (RED)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com