Sosbang di Bontang, Henry Pailan Tekankan Pentingnya Pembangunan Rasa Nasionalisme

Sosbang di Bontang, Henry Pailan Tekankan Pentingnya Pembangunan Rasa Nasionalisme

HARIANKALTIM.COM – Henry Pailan TP SE, Anggota DPRD Kalimantan Timur, menggelar kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di Kelurahan Kanaan, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Minggu (14/05/2023)

Dalam acara tersebut, hadir sejumlah tokoh agama dan pemuda setempat yang turut mendukung kegiatan ini.

Henry Pailan menjelaskan pentingnya wawasan kebangsaan sebagai pandangan Bangsa Indonesia dalam membangun negara yang didasari oleh jatidiri bangsa dan kesadaran akan sistem nasional yang berakar pada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa dan negara guna mencapai masyarakat yang aman, adil, makmur, dan sejahtera,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Henry Pailan juga menekankan pentingnya pembangunan rasa nasionalisme yang harus terus diperkuat dan ditanamkan dalam jiwa dan raga masyarakat.

Ditambahkan, wawasan kebangsaan memiliki peranan yang signifikan dalam memperkuat rasa kebangsaan serta menginspirasi semangat kebangsaan.

“Bagi bangsa Indonesia, wawasan kebangsaan adalah nilai dasar yang menjadi panduan hidup dan karakter bangsa,” ulasnya.

Politisi Gerindra ini juga menjelaskan, fenomena penurunan rasa, pemahaman, dan semangat kebangsaan saat ini sebenarnya menunjukkan belum optimalnya implementasi wawasan kebangsaan secara menyeluruh, terorganisir, dan terencana.

“Oleh karena itu, nilai-nilai wawasan kebangsaan yang diharapkan dapat menyatukan serta merangkul segala keanekaragaman dan perbedaan di dalam bangsa ini,” jelasnya.

Lebih jauh, ia menyebutkan bahwa perkembangan teknologi, sementara memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari, juga membuka celah bagi penyebaran paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

“Kita tidak bisa menghentikan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, kita perlu terus memberikan pembekalan kepada masyarakat agar terbentuk sikap pribadi yang kuat dengan karakter kebangsaan,” tutupnya. (RED)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com