banner 728x90

Wabup Rendi: Teruna Dara Kukar Harus Promosikan Wisata dan Majukan UMKM

Wabup Rendi: Teruna Dara Kukar Harus Promosikan Wisata dan Majukan UMKM

HARIANKALTIM.COM – Malam Grand Final Pemilihan Teruna Dara Kutai Kartanegara (Kukar) Tahun 2023 berlangsung meriah dengan iringan musik dan gemerlap lampu panggung, Sabtu (18/11/2023) malam. 

Pada malam penentuan itu, 24 finalis menunjukkan performa terbaiknya usai memperoleh ilmu serta pengalaman yang diberikan selama rangkaian pemilihan Teruna Dara berlangsung sejak Juli lalu. 

Diketahui, 24 finalis Teruna Dara yang terpilih merupakan putra-putri terbaik yang mewakili wilayahnya yakni Kecamatan Tenggarong, Loa Kulu, Loa Janan dan Kota Bangun. 

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara itu berhasil disulap megah dan mampu memukau tamu undangan serta penonton yang hadir. 

Setelah memberikan performa terbaik, akhirnya Deva Ananda dan Gita Indriani terpilih sebagai pasangan Teruna Dara Kukar Tahun 2023 dan Shafira Azhari terpilih menjadi Putri Pariwisata Kukar 2023.

Pada momen itu, Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin menuturkan, pemilihan Teruna Dara Kukar dapat menjadi ajang melatih para finalis untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif.

Khususnya dalam bidang promosi dan sosialisasi pesona pariwisata, ekonomi kreatif dan budaya di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Terlebih, generasi muda zaman ini lebih akrab dengan teknologi dan memiliki pemikiran kreatif. Ia ingin, mereka semua bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempromosikan wisata Kukar.

“Saya tidak ingin ini hanya menjadi ajang seremonial. Saya ingin mereka melakukan promosi dan edukasi pariwisata, kuliner, dan memajukan UMKM Kukar,” ujar Rendi Solihin.

Ia berharap Teruna Dara terpilih adalah insan yang betul-betul mumpuni. Memahami tugas dan fungsinya sebagai duta wisata, dan dapat memajukan pariwisata di Kukar, serta ekonomi kreatifnya. 

“Mereka yang terpilih akan menjadi Brand Ambasador event di Kukar, seperti Kukarland dan event-event nasional lainnya yang akan terlaksana di tahun 2024,” imbuhnya.

Sementara itu, Shafira Azhari mengaku senang dan tak menyangka dirinya terpilih menjadi Putri Pariwisata Kukar 2023. Ia berterimakasih kepada selurh finalis, mentor, dan kerabat yang telah mendukungnya.

“Terimakasih atas kepercayaaannya. Yang jelas kami berkomitmen membantu melakukan promosi wisata di Kukar apalagi dengan adanya Ibu Kota Nusantara,” pungkasnya. (ADV)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com