Event  

Balakar Pemuda Mahakam Juara Umum Fire Fighter and Rescue Team Challenge 2022

Balakar Pemuda Mahakam Juara Umum Fire Fighter and Rescue Team Challenge 2022
Penyerahan Piala Bergilir Bupati Kukar oleh Kepala Dispora Aji Ali Husni dalam ajang lomba Fire Fighter and Rescue Team Challenge 2022. (foto: akmal hafidz/hariankaltim.com)

HARIANKALTIM.COM – Fire Fighter and Rescue Team Challenge 2022 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara, berjalan dengan sukses dan lancar, hingga berakhir pada Minggu 30 Oktober 2022.

Lomba ketangkasan tim pemadam kebakaran dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini merupakan kerja sama antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar bersama Kwartir Cabang  (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kukar.

Hasilnya, Balakar Pemuda Mahakam yang berasal dari Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, menjadi juara umum dan berhak membawa pulang piala bergilir Bupati.

Selengkapnya, pada kategori lomba fire fightinger (pemadam kebakaran) juara pertama diraih oleh Balakar Damba dari Bakungan Kecamatan Loa Janan. Juara 2 diraih oleh Pramuka Peduli Tenggarong Seberang, dan juara ketiganya adalah Balakar Pemuda Mahakam dari Loa Duri Ulu.

Sedangkan untuk kategori lomba Rescue Team (penyelamatan), juara 1 diraih oleh Balakar Pemuda Mahakam dari Loa Duri Ulu, juara 2 ditempati Balakar Redcar dari Kota Samarinda, dan peringkat ketiga diduduki Pramuka Peduli Loa Janan.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni menegaskan, kegiatan relawan ini tidak hanya tugas dari BPBD, tapi juga merupakan tugas dari Dispora.

“Karena relawan juga sebagian merupakan para pemuda, dan kami di sini juga memiliki tugas untuk memberikan pembinaan pemuda relawan yang ada di Balakar sebagai bentuk peningkatan sumber daya manusia,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia, Aspianur Sandi mengaku, dalam pelaksanaan selama 2 hari memang ada beberapa kendala, namun masih bisa atasi.

Balakar Pemuda Mahakam Juara Umum Fire Fighter and Rescue Team Challenge 2022
Ketua Panitia, Aspianur Sandi

“Alhamdulillah, ini semua berkat kerja sama tim terutama Dispora yang mendukung kita untuk melaksanakan kegiatan ini. Saya ucapkan juga terima kasih untuk BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, RSUD AM Parikesit, dan Satpol PP yang telah membantu dan mendukung acara kami,” ucapnya.

TINGKATKAN SKILL

Sementara itu, Syahyudinur sebagai komandan dari tim Balakar Damba dari Bakungan Kecamatan Loa Janan, berharap kegiatan ini agar ke depannya berlanjut sebagai wadah bersilaturahmi sesama relawan.

Balakar Pemuda Mahakam Juara Umum Fire Fighter and Rescue Team Challenge 2022
Syahyudinur, Komandan Balakar Damba Bakungan

“Adapun kesulitan yang kami miliki selama menjadi Balakar, tentu sarana prasarana. Tapi adanya perlombaan seperti ini kami dapat lebih meningkatkan skill dan juga lebih maksimal memanfaatkan peralatan yang kita punya,” ujarnya. (AH/ADV/DISPORA)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com