Banyak Pelaku UMK Takut SNI,Disperindagkop UKM Adakan Sosialisasi

Banyak Pelaku UMK Takut SNI,Disperindagkop UKM Adakan Sosialisasi

Dalam rangka memberikan pengetahuan pentingnya penerapan SNI pada Produk UMKM yang ada di Provinsi Kaltim, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Sosialisasi SNI Bina UMK.

Kegiatan ini dilaksanakan pada ruang pertemuan Dinas Perindagkop dan UKM, Jalan MT Haryono, Samarinda, Kamis (30/06/2022).

Kegiatan ini dihadiri Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, Badan Standardisasi Nasional (BSN), Triningsih Herlinawati selaku narasumber beserta tim.

Tampak pula Plh Kepala Dinas Perindagkop dan UKM yang merupakan Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Atikah SE, Kepala UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang, Kepala Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Samarinda, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda, serta seluruh penggiat UMK dari kota dan kabupaten di Provinsi Kaltim.

Sosialisasi bekerjasama dengan BSN ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para penggiat UMK tentang pentingnya penerapan SNI dalam meningkatkan kualitas suatu produk di era globalisasi dan perdagangan bebas.

Dalam paparannya, Triningsih mengatakan, sosialisasi ini merupakan sarana penyampaian kepada para penggiat UMK dalam menerapkan SNI dalam usahanya.

Ia menjelaskan penerapan SNI Bina UMK ini telah didukung oleh Pemerintah Daerah, sehingga dalam proses penetapannya pada produk UMK dapat dilakukan dengan mudah.

“Banyak pelaku UMK yang berpikiran bahwa dalam implementasi SNI sangat takut karena penerapan standar yang tinggi. Nah, maka dari itu, pada kegiatan sosialisasi inilah, bapak dan ibu akan diberikan penjelasan terkait penerapan SNI Bina UMK,” ungkap Ningsih pada saat memberikan sambutannya sekaligus membuka acara tersebut. (MH/ADV/KOMINFO)

 

 

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com