banner 728x90

Buka Musrenbang 2024, Sekda Hero Sampaikan Pesan Penting Wali Kota Samarinda

Buka Musrenbang 2024, Sekda Hero Sampaikan Pesan Penting Wali Kota Samarinda

HARIANKALTIM.COM – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Samarinda Tahun 2024 digelar di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Selasa (26/03/2024).

Acara ini merupakan bagian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Samarinda Tahun 2025 dengan tema “Penguatan Ekonomi, Infrastruktur, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Didukung oleh Tata Kelola Pemerintahan yang Baik secara Adil dan Merata”.

Nara sumber yang hadir yakni Ananta Fathurrozi (Kepala Bapperida Samarinda), Alfino Rinaldi Arief (Bappeda Kaltim), Muhammad Raudo (Bappenas), Wisnu Hidayat (Kemendagri), dan dr Sri Puji Astuti (Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda).

Musrenbang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota, Hero Mardanus Satyawan yang membacakan sambutan tertulis berisikan pesan-pesan penting dari Wali Kota Andi Harun.

Disampaikan bahwa Musrenbang adalah tahap penting dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

Berdasarkan arah kebijakan Pembangunan tahun 2025, Samarinda akan memprioritaskan peningkatan perdagangan dan jasa, perindustrian, serta pariwisata.

Selain itu, penguatan infrastruktur strategis perkotaan dan pelayanan dasar bagi masyarakat, peningkatan kualitas lingkungan hidup, penguatan SDM unggul dan berdaya saing, serta penguatan pelayanan yang prima juga menjadi fokus utama.

Wali Kota Samarinda menyampaikan harapannya agar forum Musrenbang ini dapat menghasilkan keputusan yang benar-benar mengutamakan kepentingan masyarakat.

Dia juga menekankan pentingnya formulasi program prioritas kecamatan yang mampu menjawab permasalahan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Samarinda.

“Melalui Musrenbang ini, diharapkan keputusan yang dihasilkan berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Kota Samarinda,” ujarnya.

Seluruh perangkat daerah diingatkan untuk mensinergikan usulan kelurahan ke dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

Wali Kota juga menegaskan perlunya loyalitas, etos kerja tinggi, dan fokus pada capaian jangka panjang dalam membangun Kota Samarinda.

Acara Musrenbang dihadiri oleh seluruh kepala OPD, Camat, Lurah, Forkopimda, jajaran anggota DPRD Kota Samarinda, Perusda Kota Samarinda, dan Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) Kota Samarinda. (ADV)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com