Dewan Segera Turun Cek Jalan yang Dirusak Truk Tambang, Mulai Kutim hingga Mahulu

Dewan Segera Turun Cek Jalan yang Dirusak Truk Tambang, Mulai Kutim hingga Mahulu

HARIANKALTIM.COM – Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) segera melakukan peninjauan pada jalan- jalan nasional yang rusak.

Khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), tepatnya kerusakan pada jalan poros Kecamatan Sangatta Utara menuju Kecamatan Bengalon.

“Dalam waktu dekat ini, kami segera melakukan kunjungan untuk meninjau jalan poros Sangatta-Bengalon yang merupakan jalan nasional untuk melihat sejauh mana kerusakannya,” kata Anggota Komisi III DPRD Kaltim Romadhony Putra Pratama di Samarinda, Jumat.

Ia mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk memetakan seberapa parah jalan poros yang kerap kali dilintasi truk-truk pengangkut alat berat perusahaan tambang di wilayah sekitar.

Lanjutnya, kunjungan Komisi III DPRD Kaltim bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur, selain melakukan ke Kutim, juga meninjau jalan poros antara Long Bagun Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menuju Long Pahangai Kabuaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Sebenarnya, kata dia, perbaikan jalan nasional di wilayah Kaltim dengan alokasi Rp1,8 triliun belum cukup untuk memantapkan jalan-jalan secara keseluruhan di 2023 ini.

“Namun hal tersebut perlu diapresiasi karena ada peningkatan nilai alokasi anggaran sebesar Rp300 miliar dibanding tahun 2022 yang hanya Rp 1,5 triliun,” papar Romadhony.

Sebelumnya, Ketua Komisi III Veridiana Huraq Wang menyayangkan dari anggaran jalan nasional sebesar Rp10,63 triliun yang masuk, lebih besar untuk penanganan akses jalan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (ADV/BR)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com