banner 728x90

Diduga Ada Unsur Kesengajaan dalam Kebakaran di Jl KS Tubun Samarinda

Diduga Ada Unsur Kesengajaan dalam Kebakaran di Jl KS Tubun Samarinda

HARIANKALTIM.COM – Peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan Wiraguna (KS Tubun Dalam) RT 11 Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Kamis malam (27/07/2023), menimbulkan dugaan adanya unsur kesengajaan.

Data sementara dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda menunjukkan bahwa total 3 bangunan terbakar, termasuk 2 rumah tunggal dan 1 rumah bangsalan 12 pintu dengan luas area terbakar mencapai 30 x 50 meter.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, Hendra AH, dalam penyampaian laporannya menyatakan bahwa penyebab asal api masih dalam dugaan sementara dan mengarah kepada unsur kesengajaan.

“Rumah awal yang terbakar dihuni seseorang yang merupakan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), dan di dalam bangunan kayu itu banyak barang bekas yang mudah terbakar,” ungkapnya kepada awak media.

Pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap akar permasalahan yang menyebabkan kebakaran tersebut.

Selain merugikan 2 rumah dan mengakibatkan luka ringan pada satu orang, kebakaran ini juga menimbulkan kendala di lapangan.

Minimnya sumber air dan mayoritas bangunan yang terbuat dari kayu menjadi faktor utama yang menyulitkan proses pemadaman api.

Berbagai unit pemadam kebakaran dan instansi terkait dikerahkan untuk mengatasi amukan si jago merah yang berlangsung sejak
pukul 19.30 hingga 21.00 Wita.

Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, Satuan Redkar Kota Samarinda, serta satuan PMK swasta Samarinda bahu membahu untuk memadamkan kebakaran

Selain itu, pihak keamanan dan instansi terkait seperti Polsek Samarinda Ulu, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Patroli Beat 110 juga turut membantu mengamankan lokasi kejadian.

Terkait dengan pelayanan medis dan kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI), Samarinda Siaga 112, Emergency Medical Team, dan Indonesian Escorting Ambulance berada di lokasi untuk memberikan bantuan dan pertolongan pada korban luka. (RED)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com