Dinas Perindagkop UKM Kaltim Gandeng Sulsel

Dinas Perindagkop UKM Kaltim Gandeng Sulsel

HARIANKALTIM.COM – Dinas Perindagkop UKM Provinsi Kaltim bekerja sama dengan Dinas Perindag Provinsi Sulsel menggelar Business Matching di Samarinda, Selasa (19/07/2022). Kepala Dinas Perindagkop UKM, Muhammad Sa’duddin menjelaskan, Business Matching antara Sulsel dan Kaltim khususnya pada sektor perikanan dan kelautan.

Dalam rangka peningkatan nilai transaksi perdagangan produk unggulan antar daerah melalui kegiatan promosi dan pemasaran dalam mempertemukan demand dan supply, akselerasi pertumbuhan ekonomi (Pro Growth, Pro Poor, Pro Job), mengurangi kesenjangan antar daerah dan mendukung pelaksanaan program dan kebijakan (business matching, Sistem Informasi Perdagangan Antar Pulau/SIPAP, dan lain-lain).

Sejalan dengan visi Gubernur Kaltim “Berani Untuk Kaltim Berdaulat” khususnya pada misi ke-2 yaitu Berdaulat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Wilayah dan Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan, maka Pemprov Kaltim berkomitmen melakukan berbagai upaya agar masyarakat Kaltim dapat sejahtera secara ekonomi dan terpenuhi kebutuhan hidupnya secara adil dan merata di 10 Kabupaten Kota.

Kalimantan Timur menempati 2 besar ekspor non migas nasional tahun 2021 dengan persentase peranannya 10,4 persen dan sekaligus terbesar pertama di provinsi luar Jawa dengan Nilai ekspor 12.315 Juta US$. Ekspor Provinsi Kaltim pada Januari-Mei 2022 mengalami peningkatan dibanding Januari-Mei 2021 dengan persentase 68,29 persen.

Nilai ekspor perikanan dan kelautan untuk 2021 mencapai 19 Juta US$ dengan negara tujuan ekspor yaitu Cina, Hongkong, Jepang, arab Saudi, Vietnam dan United Kingdom. Adapun komoditas perikanan kelautan yang diekspor adalah udang beku, ikan sedar, dan kepiting beku. (MH/ADV/KOMINFO)

 

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com