Jalan Tembus Kaltim-Kalbar Ditarget Rampung Akhir 2024

Jalan Tembus Kaltim-Kalbar Ditarget Rampung Akhir 2024

HARIANKALTIM.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melaksanakan pembangunan Jalan Perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar) hingga tembus ke Kalimantan Timur (Kaltim) sepanjang 608 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan, Kalbar dan Kaltim bisa terhubung lewat jalan perbatasan pada akhir 2024.

“Pembangunan infrastruktur di pemerintahan Presiden Jokowi masih melanjutkan program periode pertama (2014-2019), yakni membangun dari pinggiran,” tutur Basuki dalam kunjungan kerjanya, Minggu (03/09/2023).

Khusus untuk sebagian ruas yang ditinjau, Nanga Era-Batas Kaltim sepanjang 149 kilometer, sekitar 25 kilometer sudah teraspal.

Kemudian 25 kilometer selanjutnya sedang dalam proses pengaspalan hingga Mei 2024. Sisanya akan dikerjakan hingga fungsional pada akhir 2024 atau awal 2025.

Pembangunan jalan perbatasan tersebut diimbau untuk selalu memerhatikan kondisi lingkungan, mengingat lokasinya yang masih berada di kawasan hutan.

“Dicek betul setiap titik ekstrem yang rawan longsor dengan pengamanan tebing, ditata jangan sampai erosi yang akan menyebabkan tanaman sekitar mati dan mencemari sungai di hilir,” pesan Basuki.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalbar Handiyana mengatakan, hingga akhir tahun 2022, total Jalan Paralel Perbatasan Kalbar sepanjang 608 kilometer yang sudah teraspal sepanjang 221 kilometer.

“Saat ini seluruh jalan perbatasan di Kalbar sudah tembus atau terbuka, namun ada beberapa ruas yang belum fungsional penuh karena masih perlu adanya pembangunan jembatan dan perbaikan kelandaian jalan,” ujar Handiyana. (KCM/RED)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com