SOROTAN
FAM Resmi Laporkan Kasus Miliaran Baznas Kaltim ke Kejaksaan       Kontraktor Curhat Setoran Naik Jadi 15 Persen      Warga Tetangga PDAM Ngaku Tak Pernah Dapat Bantuan CSR      Ada Tulisan Parkir Gratis, Tapi Jukir di Minimarket Masih Dibiarkan

Masya Allah! Para Juara MTQ dari Kukar Disiapkan Bonus Beasiswa, Umrah hingga Rumah

Masya Allah! Para Juara MTQ dari Kukar Disiapkan Bonus Beasiswa, Umrah hingga Rumah
Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Kukar di Loa Kulu, Minggu malam. (foto: akmal hafidz/hariankaltim.com)

HARIANKALTIM.COM – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah didampingi Wakil Bupati Rendi Sholihin membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 bertempat di Loa Kulu, Minggu malam (27/11/2022).

Acara ini bertema “Dengan MTQ Tingkat Kabupaten Kukar Kita Wujudkan SDM yang Unggul, Profesional, Religius, BerAKHLAK, Berbudaya, Berkarakter dan Qur’ani Menuju Indonesia Maju”.

Pantauan HarianKaltim.com, hadir pula Ketua DPRD Kukar, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI, Kepala Kemenag Kukar, dan sejumlah pejabat instansi lainnya.

Pembukaan MTQ ditandai tabuhan beduk yang dipimpin Bupati, dan dalam sambutannya, memaparkan program Gerakan Mengaji Satu Desa Satu Hafiz Quran.

“Itu adalah bentuk penguatan kami yang memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kukar hadir di tengah-tengah umat,” ujarnya.

Masya Allah! Para Juara MTQ dari Kukar Disiapkan Bonus Beasiswa, Umrah hingga Rumah

Edi berharap, setelah MTQ ini agar Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kukar dapat segera melakukan pembinaan dan pelatihan untuk persiapan MTQ tingkat provinsi.

“Ini adalah persiapan Kukar mengikuti MTQ tingkat Provinsi di Balikpapan. Saya berharap agar cepat melakukan pembinaan dan pelatihan persiapan, karena kita akan kembali mempertahankan Kukar sebagai juara umum,” pintanya.

Bupati juga akan memberikan apresiasi luar biasa berupa hadiah bonus kepada para kafilah yang berprestasi.

“Untuk peringkat satu, bagi yang masih menempuh pendidikan akan kami berikan beasiswa Kukar Idaman delapan semester dimanapun mereka ingin melanjutkan pendidikan,” ujar Bupati

Dan sebagai bentuk motivasi, sambung Edi, apabila Kukar kembali menjadi juara umum MTQ, maka akan diberangkatkan ibadah umroh bagi mereka yang mendapat peringkat satu dalam tiap pertandingan.

“Serta apabila kafilah Kukar yang tergabung dalam kafilah Provinsi Kaltim mendapatkan peringkat pertama di tingkat nasional maka akan kami berikan satu rumah di Perumahan Grand Triti, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong,” janji Bupati.

Sementara itu, Camat Loa Kulu Ardiansyah dalam sambutannya menyampaikan kafilah yang mengikuti MTQ ke-43 ini sebanyak 1.299 orang terdiri dari 18 kecamatan se-Kukar dengan 10 kategori arena perlombaan.

Kepala Kemenag Kukar, H Nasrun dalam sambutannya menyampaikan MTQ ini merupakan upaya menanamkan generasi yang cinta Al-Qur’an.

“Agar setiap putra-putri kita mampu membaca dengan benar memahami arti dan tafsirnya, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sehingga mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” pesannya. (AH)