Revisi RTRW Kaltim, Pansus: Masih Ada yang Belum Serahkan Data

Revisi RTRW Kaltim, Pansus: Masih Ada yang Belum Serahkan Data

HARIANKALTIM.COM – Pemerintah Pusat telah mendesak agar Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) harus selesai tahun ini.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) RTRW DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono dan menambahkan bahwa ada batas waktu yang telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat terkait Revisi RTRW Kaltim.

“Dan dari pemerintah daerah kota dan kabupaten sudah memberikan data wilayahnya, namun masih ada terdapat beberapa wilayah belum memberikan datanya,” lanjutnya, saat ditemui awak media, Selasa (12/10/2022).

Dikatakan, Dewan mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), untuk itulah Tim Pansus RTRW bersama Pemerintah Provinsi Kaltim terus bergerak dan bekerja semaksimal.

Sebelumnya Tim Pansus RTRW DPRD Kaltim telah melaksanakan Focus Group Discusion (FGD) dengan Pemerintah Pusat seperti Bappenas, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Badan Otorita dan lainnya, yang diselenggarakan di Kota Balikpapan guna membahas RTRW dengan batas waktu yang telah ditentukan.

“Catatan FGD tersebut terdapat berbagai hal yang akan mempengaruhi muatan rancangan RTRW yang sedang dikerjakan, dan kita masih mendengar suara dari masyarakat, agar pembangunan IKN ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. (Adv/IR)