Wali Kota Samarinda Andi Harun Raih Penghargaan Anugerah Tinarbuka 2023

Wali Kota Samarinda Andi Harun Raih Penghargaan Anugerah Tinarbuka 2023

HARIANKALTIM.COM – Wali Kota Samarinda, Andi Harun meraih peringkat pertama dalam penghargaan Anugerah Tinarbuka Tahun 2023 tingkat Nasional untuk kategori Wali Kota terbaik se-Indonesia.

Penghargaan tersebut, diterima langsung oleh Andi Harun saat puncak Hari Keterbukaan Informasi Nasional di Labersa Hotel, Riau pada Rabu (17/05/2023).

“Apa yang diraih hari ini sebuah ekspresi dari kesungguhan kita untuk melaksanakan ketentuan perundang – undangan dan tuntutan bahwa terbuka itu keren,” ungkap Andi Harun.

Ia menyebut, konsep pemerintah dan pelayanan publik yang dijalankan oleh Pemkot Samarinda selalu berorientasi pada prinsip keterbukaan.

“Sehingga kegiatan pembangunan kita selain diketahui masyarakat juga kita harapkan mendapatkan dukungan dan partisipasi dari segenap warga Kota Samarinda,” tambahnya.

Orang nomor satu di Samarinda itu menilai, penghargaan yang ia terima langsung dari tangan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum (Menkopolhukam), Prof Dr Mahfud MD itu merupakan hadiah istimewa yang ditujukan kepada seluruh masyarakat Kota Samarinda.

Sebagai Wali Kota terbaik se-Indonesia dalam penghargaan Anugerah Tinarbuka Tahun 2023, Andi Harun menyisihkan Dr Maulan Aklil, Wali Kota Pangkal Pinang sebagai juara II dan Fadly Amran, Wali Kota Padang Panjang sebagai peringkat III.

Dalam agenda bertemakan “Meneguhkan Peran Komisi Informasi dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif” ini, Andi Harun dianggap sebagai figur pemimpin yang informatif oleh Komisi Informasi (KI) Pusat.

Anugerah Tinarbuka sendiri merupakan penilaian kepada para kepala daerah yang memiliki kontribusi nyata dan konsistensi dalam rangka menumbuh kembangkan informasi publik yang sebelumnya sudah dilakukan penilaian oleh Komisi Informasi Pusat. (RED)