Dibobol ‘Orang Dalam’ Rp2,4 Miliar, Lokasinya 3 Wilayah di Kaltim

Dibobol 'Orang Dalam' Rp2,4 Miliar, Lokasinya 3 Wilayah di Kaltim

Polda Kalimantan timur menggelar konferensi press tentang kasus pembobolan ATM yang terjadi di 3 wilayah Kalimantan Timur, di ruang konferensi press Bidhumas Polda Kaltim, Kamis (17/02/2022).

Dalam rilis yang disampaikan Kabid Humas, Kombes Pol Yusuf Sutejo, kasus ini dilakukan tersangka berinisial AT yang merupakan mantan karyawan salah satu perusahaan perbaikan mesin anjungan tunai mandiri atau ATM.

“Tersangka merupakan salah satu teknisi di salah satu perusahaan pihak ketiga yang menangani perawatan dan perbaikan mesin ATM,” papar Yusuf Sutejo.

Tersangka beraksi di 3 wilayah di Kalimantan Timur, yakni Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Kutai Barat.

Aksi tersangka dilakukan di 6 ATM berbeda dan secara berulang dalam kurun waktu mulai September 2021 hingga Januari 2022.

“Nominal yang digasak pelaku sangat fantastik yaitu sebanyak Rp2,4 miliar,” ungkap Kabid Humas dikutip HarianKaltim.com, dari rilis Polda Kaltim.

Dijelaskan, pelaku tidak merusak mesin ATM melainkan memanfaatkan keahlian dan pekerjaannya sebagai teknisi ATM.

“Menurut pengakuan tersangka, hasil dari kejahatan ini digunakan untuk berfoya-foya dan traveling ke Bali serta membeli barang bermerek,” tutur Kombes Pol Yusuf Sutejo.

Atas perbuatannya, tersangka dijatuhi pasal 363 KUHP Ayat (1) ke-(5E) jo Pasal 65 KUHP terkait dengan tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang dilakukan secara berulang di tempat yang berbeda dengan ancaman hukuman setidak-tidaknya 8 tahun penjara. (*/MH)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com