DPRD Kaltim Siapkan Anggaran Rp4 Triliun untuk Renovasi Gedung Sekolah Baru 2024

DPRD Kaltim Siapkan Anggaran Rp4 Triliun untuk Renovasi Gedung Sekolah Baru 2024

HARIANKALTIM.COM – Komisi IV DPRD Kaltim siapkan anggaran sebesar Rp4 triliun untuk merenovasi gedung sekolah baru pada 2024 bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

Anggota Komisi IV, Rusman Yaqub menyatakan renovasi fasilitas gedung sekolah tersebut merupakan salah satu program kerja Disdikbud Kaltim tahun 2024.

“Banyak program kerja yang mereka susun. Mulai dari renovasi sekolah, sertifikasi siswa vokasi dan kompetensi guru, fasilitas praktikum, hingga Bosda,” jelas Rusman, beberapa waktu lalu.

Rusman mengatakan sejumlah sekolah yang termasuk dalam rencana renovasi itu meliputi Kutai Barat, Berau, Balikpapan, Kutai Timur, dan Samarinda.“Nanti di SMAN 5 dan SMAN 3 Samarinda akan dibangun gedung baru,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemerintah akan fokus meningkatkan jumlah lembaga sertifikasi profesi untuk siswa SMK. “Targetnya, ada tiga lembaga baru. Dari 17 lembaga menjadi 20 lembaga,” ujarnya.

Selain itu, terdapat juga peningkatan kompetensi bagi seribu guru asestor hingga pertengahan 2023, baik yang telah berakhir masa berlakunya maupun yang baru bergabung.

Sementara itu, fasilitas praktikum juga menjadi perhatian serius Komisi IV DPRD Kaltim bersama Disdikbud Kaltim.

“Pembangunan laboratorium dan area kerja untuk SMK alokasi anggaran mencapai Rp4,1 triliun,” sebutnya

Terakhir, Rusman mengkonfirmasi untuk jumlah alokasi anggaran beasiswa pada rancangan program pendidikan Kaltim tahun anggaran 2024

“Tidak terjadi peningkatan signifikan pada 2024. Beasiswa tetap sekitar Rp300 miliar,” tutup Rusman. (Adv//DPRDKaltim//Siko)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com