banner 728x90

Gedung Perpusda Kaltim Dianggap Sudah Kurang Layak

Gedung Perpusda Kaltim Dianggap Sudah Kurang Layak

HARIANKALTIM.COM – Perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan bisa melahirkan inovasi maupun kreativitas bagi masyarakat Indonesia dan khususnya di Kalimantan Timur (Kaltim)

Namun kondisi saat ini bahwa Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kaltim, terlihat jelas gedungnya sudah kurang layak.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim, salah satunya anggota Komisi IV Rusman Yaqub.

“Sebenarnya ini sudah lama, kami ingin ungkapkan dan melihat kondisi gedung saat ini, tentunya kurang daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung di perpustakaan ini,” ungkap Rusman, saat diwawancarai awak media, Selasa (18/10/2022).

Ia menilai saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim lebih mengutamakan gedung perkantoran, daripada Gedung Perpustakaan yang berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, pusat informasi dan rekreasi guna meningkatkan kecerdasan bangsa.

Politisi PPP ini menerangkan kembali bahwa DPRD Kaltim telah mengusulkan untuk dilakukan perbaikan gedung bahkan pemindahan, namun dari pihak Pemprov Kaltim tidak ada tanggapan.

“Hal ini menjadi penilaian kami bahwa Pemprov tidak peduli terhadap dunia pendidikan bidang literasi, karena kita ketahui juga bahwa peran perpustakaan ini sebagai pusat pemberdayaan untuk mengembangkan potensi yang berbasis literasi dan sebagai pusat kebudayaan,” sambungnya.

Rusman melanjutkan, di area gedung perpustakaan ini dan bangunan berupa flayover, selalu digenangi air yang cukup dalam pada musim hujan.

“Tempat yang seharusnya gudang ilmu bagi masyarakat bahkan untuk generasi muda ini, sudah jarang dikunjungi,” katanya.

Tentunya, sambung dia, sudah seharusnya menjadi kewajiban bersama dalam memperhatikan maslah ini, dan berharap Pemprov segera melakukan tindakan yang jelas.

“Guna peran dan fungsi gedung perpustakaan ini dapat berjalan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (Adv/IR)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com